^ Yuk Mengenal Ciri Ayam Kanibal Serta Cara Untuk Mengatasinya ^

January 30th, 2018

Tips Untuk Anda Para Penghobi Ayam Maupun Para Juragan Ayam Apabila Ayam Anda Menjadi Ayam Kanibal

Ayam Kanibal ataupun Kanibalisme terhadap ayam petarung tidak dapat dihindari dikarenakan hal tersebut merupakan faktor dari genetika (sifat dasar dalam ayam tersebut). Meskipun tidak dapat dihindari tetapi Kanibalisme terhadap ayam dapat dicegah. Dampak yang akan sangat dirasakan sekali oleh para peternak yang salah seekor ayamnya mempunyai sifat kanibalisme, maka ayam lain yang ada disekitarnya akan mengalami berbagai masa sulit dikarenakan tentu saja akan terluka parah serta sampai tidak dapat diselamatkan lagi. Anda tentunya sering kali dibuat pusing oleh ayam peliharaan anda yang suka saling mematuk sehingga menyebabkan ayam tersebut terluka.

 

 

 

Berikut Ini Adalah Berbagai Faktor Yang Menyebabkan Ayam Menjadi Kanibal Yaitu :

 

1) Faktor cuaca yang terlalu panas serta pergantian iklim yang ekstrim.
2) Pakan serta minuman yang tidak cukup serta tidak menentu dapat menyebabkan ayam menjadi buas.
3) Suasana dalam kandang yang terlalu berisik serta sering kali berpindah kandang.
4) Tidak diperhatikan para pemilih dalam usia ayam yang masih rentan (24 hingga 47 hari serta 45 hingga 47 hari).
5) Parasit luar yang seperti kutu, tungau, caplak, serta pinjal. Ternak akan mematuk tubuhnya yang terasa gatal-gatal, bahkan bisa sampai berdarah.
6) Populasi ayam didalam satu kandang yang terlalu padat sehingga meningkatkan suhu kandang serta keseragaman usia (ternak dewasa akan menyerang ternak yang muda).

 

Baca Juga : Cara Dalam Mengolah Limbah Udang Menjadi Alternatif Pakan Ayam

 

Berikut Ini Adalah Berbagai Hal Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Mencegah Ayam Kanibal :

 

1) Kandang perlu dibuat dengan senyaman mungkin, berikanlah sirkulasi udara sehingga kandang ayam tidak menjadi panas serta lembab.
2) Apabila udara terlalu panas maka dalam kandang semprotkan air yang dicampur dengan disinfektan yang tidak berbahaya untuk menjaga suhu dalam kandang ayam.
3) Pisahkanlah ayam yang telah menjadi pelaku kanibalisme dalam kandangnya.
4) Ayam yang terluka dikarenakan kanibalisme temannya dapat diobat dengan salep anti kanibalisme, dipercaya 2 hingga 3 hari luka akan sembuh.
5) Perhatikan pakan serta minuman yang diberikan tambahkanlah vitamin juga kedalam pakannya serta jangan pernah membiarkan ayam anda puasa apabila tidak dibutuhkan.

TIPS : Tambahkanlah batu-batuan (grit), mineral (NaCI serta Kalsium) juga kandungan nutrisi yang lainnya dalam pakan ayam.

Kanibalisme tersebut adalah merupakan hal yang sangat banyak dikeluhkan oleh para peternak sabung ayam, namun semoga ulasan yang diatas mampu memberikan sebuah pencerahan untuk anda semua.

Leave a Reply