Yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Memulai Pertandingan Adu Ayam

July 17th, 2017

Sebelum ayam anda memulai pertandingan adu ayam dengan ayam petarung lainnya, sebaiknya ayam petarung anda diharuskan dalam kondisi yang prima, seperti ketahanan tubuh, kecepatan, tenaga dan lain sebagainya. Untuk memenuhi hal tersebut anda wajib memberikan latihan kepada ayam pertarung anda. Latihan yang paling tepat yang anda berikan adalah latihan fisik.

Latihan fisik dapat anda berikan satu bulan sebelum ayam anda ikut dalam pertarungan sabung ayam. Didalam latihan fisik, ada beberapa latihan yang anda terapkan terhadap ayam laga anda. Hal tersebut di antara lainnya seperti berikut.

Latihan badan
Tujuan dari latihan badan agar dalam ayam petarung anda dapat lebih lentur. Tidak hanya itu saja, sebenarnya dari hasil latihan ini adalah agar ayam anda terbiasa melakukan gerakan memutar pada saat bertarung nantinya. Untuk melakukannya anda dapat memutarkan badan ayam anda ke samping kiri dan kanan sebanyak 20-30 kali putaran. Ketika anda memutar badan ayam anda, mestinya dilakukan dengan perlahan agar ayam anda tidak menjadi pusing.

Latihan leher
Tujuan dari latihan leher adalah untuk melatih otot-otot leher ayam anda lebih lentur pada saat menekukan leher lawan pada saat dipertarungan nantinya. Latihan ini dapat anda lakukan dengan memutar leher ayam anda secara perlahan ke arah kiri dan kanan sebanyak 20-30 kali. Usahakan putar yang dilakukan tidak terlalu terburu-buru. Untuk setiap putaran dapat dilakukan setiap 1 detik.

Latihan sayap
Tujuan dari latihan sayap agar sayap ayam petarung lebih lentur. Cara melatih sayap adalah dengan mengangkat badan ayam. Setelah itu tangan anda memegang bagian dada ayam dan sayap. Lalu turunkanlah tangan anda yang menahan bagian dada ayam, lalu melepaskan tangan anda yang menahan bagian sayap ayam tersebut secara perlahan.

Latihan kaki
Latihan kaki juga seringkali disebut dengan push up bagi ayam bangkok. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara memegang bagian punggung ayam. Cara memegangnya menghadap ke arah bawah dan dorong tubuh ayam ke depan. Lakukan latihan ini setiap harinya sebanyak 20-30 kali disetiap latihannya.

Kaki dan Sayap Sekali lagi dilatih
Jika diatas kita sudah membahas cara latihan sayap dan kaki secara terpisah, sekarang kita akan membahas mengenai cara latihan kaki dan sayap secara bersamaan. Latihan kaki dan sayap dapat anda lakukan dengan mengangkat tubuh ayam tepatnya pada bagain dada. Gunakan telapak tangan anda untuk mengangkatnya.

Dengan cara ini, ayam seolah-olah melakukan tendangannya. Latihan ini dapat membiasakan ayam anda melakukan tendangan. Lakukan sebanyak 20 hingga 30 kali pada setiap latihannya dan lakukan setiap harinya.

Itulah beberapa latihan yang dapat anda berikan kepada ayam anda sebelum melakukan pertarungan. Latihan ini dapat dilakukan sekaligus. Sesudah anda memberikan latihan fisik tersebut, tindakan selanjutnya adalah anda melemaskan otot-otot ayam anda selama lima menit.

Setelah latihan diatas sudah anda terapkan kepada ayam anda, saat ini yang ayam anda butuhkan selanjutnya adalah istirahat yang cukup. Sehingga staminanya akan terjaga sebelum pertandingan sabung ayam benar-benar akan diikutinya.

Leave a Reply