Tips Untuk Mengobati Penyakit Yang Biasa Menyerang Mata Ayam Petarung

October 17th, 2017

sakit mata

Sabung Ayam – Mata pada ayam petarung biasanya bisa mengalami berbagai macam masalah yang disebabkan oleh cacingan, virus maupun bakteri. Di dalam kasus yang satu ini ayam petarung yang bisa diserang oleh virus dan bakteri tersebut adalah karena perawatann yang diberikannya kurang bagus.

Apabila ayam petarung Anda memiliki masalah pada matanya, maka sebaiknya Anda harus langsung segera mengobatinya dengan cara yang tepat dan juga benar. Dari masing – masing penyakit yang bisa menyerang mata ayam petarung, maka cara untuk mengobatinya pun berbeda – beda. Penyakit pertama kali yang akan kita bahas adalah mengenai cara untuk mengobati mata ayam petarung yang terkena penyakit cacing.

Tips Untuk Mengobati Penyakit Cacing Pada Ayam Petarung

Biasanya mata ayam petarung yang terinfeksi cacing ini akan membengkak dan menonjol keluar matanya. Pada saat siang hari mata ayam petarung tersebut akan selalu dipenjamkan. Itulah salah satu gejala ayam petarung yang terinfeksi cacing. Untuk mengobatinya Anda bisa memberikannya daun tembakau, caranya yaitu dengan meneteskan air perasan dari daun tembakau tersebut sebanyak 2 – 3 kali pada area mata yang terinfeksi tersebut. Obat mata yang menggunakan air perasan dari daun tembakau biasanya sangatlah ampuh untuk mengobati penyakit mata ayam petarung yang terinfeksi cacing ini.

Tips Untuk Mengobati Penyakit Mata Merah Ayam Petarung Yang Terinfeksi Virus

Ayam petarung yang matanya terinfeksi virus akan memerah dan hal ini sering terjadi pada saat musim hujan yang panjang. Virus bisa berkembang karena ayam petarung tersebut tidak dirawat dengan baik dan bersih. Dengan adanya kondisi kandang yang kotor, maka hal inilah yang mengakibatkan ayam petarung tersebut terkena penyakit mata merah.

Gejala yang bisa Anda lihat dari ayam petarung terkena penyakit mata merah ini adalah matanya akan berairm bengkak dan memerah seperti mata pada manusia umumnya. Cara yang bisa Anda lakukan untuk pengobatan sementara adalah dengan memisahkan ayam petarung yang terinfeksi virus mata merah dengan ayam petarung lainnya yang masih sehat. Dengan melakukan hal ini, maka ayam petarung yang sehat lainnya tidak terkena infeksi dari virus mata merah ini.

Supaya Anda bisa mengobati penyakit virus mata merah pada ayam petarung ini ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, yaitu sebagai berikut:

  1. Menggunakan Obat Tetes Mata Pada Manusia

Apabila penyakit ini masih belum terlalu parah, maka Anda bisa memberikannya obat tetes mata yang biasa dipakai oleh manusia dengan takaran sebanyak 2 – 3 tetes saja. Dengan melakukan hal ini, maka mata ayam petarung tersebut akan kembali menjadi bening lagi. Anda bisa memberikan obat ini setiap pagi dan sore hari.

  1. Obat Eye Chick

Apabila pemberian obat tetes mata tersebut masih belum bisa menyembuhkannya, maka Anda bisa memberikannya obat mata khusus untuk ayam petarung misalnya seperti obat eye chick. Obat khusus yang satu ini bisa Anda peroleh dari toko hewan terdekat.

  1. Daun Sirih

Pengobatan yang satu ini merupakan cara pengobatan yang terakhir untuk ayam petarung yang terkena penyakit mata merah. Cara untuk memberikannya yaitu Anda harus memeras air dari daun sirih tersebut dan kemudian diteteskannya pada mata ayam petarung yang terinfeksi tersebut. Pemberian daun sirih bisa Anda lakukan setiap pagi dan malam hari sebelum ayam petarung tersebut beristirahat. Kami menyarankan Anda untuk berhati – hati pada saat memberikan air tetesan daun sirih ini, karena mungkin saja akan terasa perih dan ayam petarung tersebut akan memberontak.

Tips Untuk Mengobati Mata Ayam Petarung Yang Luka Akibat Bertarung

Untuk bisa mengobati mata ayam petarung yang luka akibat bertarung ini adalah dengan cara meneteskan getah dari daun kelor pada mata ayam petarung yang terluka tersebut. Anda bisa memberikannya sebanyak 1 – 2 tetes saja dan setelah itu mata dari ayam petarung harus Anda tutup dengan menggunakan plester. Lakukan cara yang satu ini sampai mata ayam petarung Anda tidak sakit lagi. Penyakit mata ayam petarung yang satu ini biasanya diakibatkan secara alami oleh ayam petarung itu sendiri. Terkadang pun ayam petarung juga bisa terkena penyakit fisik seperti seperti luka, sobek, dan lain sebagainya. Menurut para petuah sabung ayam, mengatakan bahwa ayam petarung yang terkena taji dari lawannya ini bisa disembuhkan dengan menggunakan getah dari daun kelor.

Baca Ini : Tips Tepat Dalam Menjadikan Ayam Petarung Kebal Terhadap Segala Jenis Pukulan

Demikian akhir dari informasi yang bisa kami sampaikan mengenai tips untuk mengobati penyakit yang biasa menyerang mata ayam petarung, semoga dengan informasi yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat dengan memperdalam wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply