Tips Untuk Mengetahui Ciri Ekor Ayam Petarung Yang Berkualitas

July 16th, 2017

Pada dasarnya ciri dari ekor ayam petarung yang berkualitas biasanya berbentuk panjang, kuncup, dan turun kebawah dengan tulang ekor yang kuat, rapat, dan besar. Bentuk ekor yang seperti disebutkan di atas biasanya sangat kuat dan lebih mampu untuk menjaga keseimbangan dan dapat menentukan arah serangan yang akurat dan juga gerakan ekor yang sangat gesit.

Berikut di bawah ini adalah tips mengetahui ciri ekor ayam petarung yang berkualitas adalah sebagai berikut:

  1. Tulang Ekor

Tulang ekor ayam petarung yang berkualitas yaitu adalah besar, rapat, dan kuat. Fungsinya adalah untuk membuat ekor ayam petarung tersebut dapat bergerak dengan sempurna dalam hal membantu ayam petarung itu untuk memutar, melompat, menghindar, balik badan dan mengarahkan pukulan yang terarah dan akurat.

Jika tulang ekor kurang rapat dan agak kecil, masih bisa digolongkan ke dalam ayam petarung yang berkualitas asalkan pada saat diraba terasa keras dan kuat. Begitu juga sebaliknya jika tulang ekor ayam petarung tersebut terlalu besar masih dapat digolongkan ayam tangguh walaupun kelemahannya adalah gerakan ekor agak sedikit kaku.

  1. Tulang Capit Kloaka

Tulang capit kloaka lebih dikenal dengan nama tulang capit udang, tulang ini terletak dibawah anus, biasanya rapat dan kuat. Ayam petarung yang bertulang capit sangat rapat pada umumnya memiliki serangan pukulan beruntun, biasanya tiga pukulan dalam serangan, bahkan ada yang sanggup melakukan lima pukulan dalam satu serangan.

Semakin renggang tulang capit maka semakin sedikit pula jumlah pukulannya dalam satu serangan. Pada umumnya ayam petarung dengan tulang capit yang rapat memiliki pukulan yang sangat cepat, keras, kuat dan menyakitkan.

  1. Bentuk Ekor

Memiliki ekor yang lurus, kuncup, panjang mengarah ke bawah dengan bulu yang panjang dan kuat. Ekor tersebut bsa dikatakan lebih lincah jika dibandingkan dengan ayam petarung yang bulu ekornya terbuka lebar. Pada umumnya ayam bangkok inilah yang memiliki ekor yang mengarah ke bawah, sedangkan ayam birma atau ayam petarung jenis lainnya ada yang memiliki ekor melengkung dan ada juga yang agak mengarah naik ke atas.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips untuk mengetahui ciri ekor ayam petarung yang berkualitas, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari informasi mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply