^Tips Merawat Ayam Ketawa Dari Virus Pilek, Ngorok Serta Lainnya ^

October 15th, 2017

Menurut dari peristiwa ayam ketawa ini adalah merupakan jenis ayam khas yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan, Indonesia, dan hanya dipelihara oleh para bagsawan suku Bugis saja. Dahulunya ayam ketawa ini hanya berkembang dalam lingkungan kerjaan atau kraton Bugis saja. Tetapi, pada musim saat ini ayam ketawa ini sudah tidak sedikit diminati oleh para penghobi ayam serta hanya dipakai dalam turnamen ayam ketawa, seperti dengan sebutan namanya, ayam ketawa. Berikut ini adalah tips merawat ayam ketawa dari virus pilek, ngorok serta lainnya, sebagai berikut :

 

* Bersihkan kandan sabung ayam dengan cara bertahap atau cara yang teratur (aspek tersebut dilakukan supaya si ayam bisa merasa menyukai serta nyaman).

 

* Pada lingkungan serta kandang ayam harus rajin menyemprotkan Densifektan.

 

* Mandikan ayam ketawa minimum 3 hari sekali agar ayam tersbeut merasa segar dan nyaman. Setelah dimandikan, ayam bisa dijemur pada jam 10 pagi selama 30 menit. Dan biarkanlah ayam ketawa bertengger pada area yang telah disediakan.

 

* Disaat ayam ketawa tersebut berkokok, maka rekalah serta putarkan agar ayam ketawa merasa bahwa masih ada ayam lain disekitarnya serta ayam ketawa bisa memberikan tanda kedatangan dengan cara berkokok.

 

* Berikanlah ramuan jamu khusus ayam ketawa serta ramuan tersebut harus terdiri dari jahe, tomat, madu, dan bayam. Cara membuatnya adalah rebus tomat serta bayam, kemudian blender dengan madu serta jahe. Cara memberikan jamu yaitu masukkan jamu yang sudah dibuat kedalam suntikan yang telah disterilkan serta buang jarumnya, kemudian masukkan suntikkan kedalam mulut ayam ketawa. 1 hari setelah diberikan jamu, berikan jangkrik sebanyak 10 ekor untuk dimakan.

 

* Ketika terkena virus pilek, ngorok, lemas, hijau, serta berak kapur, berikan asupan Tetachlor atau obat serta suntikan khusus untuk penyait tersebut.

 

* Ayam ketawa pun harus diberikan penyegaran, jangan selalu dikurung karena akan membuat ayam petarung tersebut menjadi stres. Ayam ketawa harus dibiarkan sejenak untuk berjemur pada pagi hari di tanah serta rerumputan.

 

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Tentang  Ayam Ketawa

 

Demikianlah informasi tentang Tips Merawat Ayam Ketawa Dari Virus Pilek, Ngorok Serta Lainnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply