^ Cara Memilih Indukan Unggulan Ayam Bangkok ^

September 5th, 2017

Agar mendapatkan keturunan ayam bangkok yang berkualitas unggulan dan super tidaklah mudah, karena harus melewati banyak tahap dan proses untuk mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam hal ini banyak dari para penghobi sabung ayam dan peternak ayam bangkok melakukan perkawinan silang antara ayam aduan yang satu dengan ayam aduan yang lainnya, serta berusaha mencari pejantan ayam bangkok yang benar-benar berkualitas dalam laga dan indukan ayam betina yang bagus dan berkualitas.

 

Tiga Cara Utama Dalam Memilih Indukan Ayam Bangkok Yang Berkualtias Adalah Sebagai Berikut :

 

# Indukan ayam bangkok betina (babon) haruslah dipilih dengan cermat. Untuk mendapatkan indukan betina yang berkualitas dapat dilihat dari ciri-ciri fisiknya saperti bentuk kiepala haruslah menyerupai kepala ular bila dilihat dari depan dan badannya yang harus menyerupai buah pinang. Selain itu harus mempunyai jari-jari yang halus dan runcing, memiliki taji, tidak pernah sakit dan bulu badannya terlihat cantik dan mengkilap.

# Indukan pejantan ayam bangkok aduan yang akan dijadikan indukan untuk diambil keturunannya harus memiliki beberapa ciri utama seperti misalnya memiliki bentuk kepala yang menyerupai buah pinang, badan agak memanjang dan dalam posisi berdiri terlihat tegap dan kekar. Memiliki kepakan sayap yang kuat dan sayap rapat kebadan, tulang cenderung kasar dan besar serta memiliki bentuk paruh yang melengkung seperti halnya paruh burung elang, memiliki kaki yang kokoh dengan jari kaki yang halus, panjang dan meruncing kedepan dan sisik-sisik kaki yang kering. Selain itu harus mempunyai bulu yang mengkilap, suara kokok yang keras dan ujung bulu ekor yang melengkung kebawah.

# Untuk menemukan pejantan ayam bangkok yang berkualitas, haruslah dilakukan pertarungan terhadap pejantan itu terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk mengetahui gaya tarung, tipe tarungnya dan teknik pukulannya, apakah tergolong ayam petarung yang benar-benar berkualitas atau bukan. Dan apabila dalam pertarungan tersebut ayam ini mendapat lebih banyak luka di badannya, sebaiknya jangan dipilih sebagai indukan pejantan karena terkesan kurang kuat dalam pertahanan dan kurang gesit dalam pertarungannya.

 

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai Tips Memilih Indukan Ayam Bangkok Berkualitas. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan menjadi acuan bagi para peternak ayam bangkok aduan dan para penghobi sabung ayam.

Leave a Reply