Tips Manjur Dalam Mengobati Ayam Petarung Yang Turun Urat

August 22nd, 2017

Para pecinta sabung ayam yang sudah berpengalaman di dalam dunia sabung ayam tentu saja pernah mengalami kejadian seperti ini dimana ayam petarung tersebut yang mengalami turun urat. Pada umumnya, penyebab dari hal ini adalah terkena serangan yang kuat dari lawan pada saat bertarung di dalam arena sabung ayam.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tips yang manjur dalam mengobati ayam petarung yang turun urat. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai hal tersebut yang telah kami rangkum untuk membantu Anda dalam mengobati ayam petarung kesayangan Anda.

Melalui pengalaman dari para penghobi ayam petarung, penyebab utama dari turun urat ini terbagi menjadi dua sebab. Biasanya, hal ini lebih sering terjadi pada ayam petarung yang usianya masih muda. Ayam petarung ini masih belum mempunyai tulangan yang kuat. Selain itu, ayam petarung yang memang sudah terlalu tua juga bisa sering terkena penyakit ini karena memang sudah saatnya untuk ayam petarung tersebut untuk pensiun.

Biasanya, ayam petarung yang sudah terkena pukulan kuat dan tepat pada bagian yang fatal, bisa menyebabkan turun urat. Berikut di bawah ini adalah tips manjur dalam mengobati ayam petarung yang turun urat, yaitu sebagai berikut:

  • Daun Serai

Cara pengobatan ini dapat Anda lakukan dengan cara menggunakan daun serai yang masih muda. Bersihkan terlebih dahulu daunnya, lalu Anda bisa tempelkan pada bagian kaki ayam petarung Anda yang sedang mengalami turun urat. Bungkuslah dengan perban atau kain kasa agar daunnya tidak lepas.

Jangan melilitnya terlalu tebal, karena bisa menyulitkan ayam petarung Anda untuk berjalan. Anda harus mengganti kain pembungkus dan daunnya setiap hari. Rendamkan kaki ayam petarung Anda ke dalam air es sebelum Anda membalutnya kembali dengan daun dan kain pembungkus yang baru.

  • Obat Dalam

Adapun beberapa cara yang lebih sering dipakai oleh para pecinta sabung ayam modern yaitu dengan memberikan obat pabrikan. Pengobatan dengan metode ini memang lebih cepat dalam memulihkan turun urat yang ada pada ayam petarung. Akan tetapi, kita tidak akan pernah tahu apakah obat tersebut bisa menyebabkan efek samping pada ayam petarung.

Biasanya, pemberian penstrip 405 dan rifampicin yang digunakan pada penyakit reumatik pada manusia, dapat menyembuhkan turun urat dengan cepat pada ayam petarung. Namun, Anda tetap harus berikan dalam dosis yang rendah.

Penyakit turun urat ini tidak boleh dibiarkan begitu saja tanpa perawatan, karena penyakit ini secara tidak langsung akan berpengaruh pada mental dan kemampuan bertarung ayam petarung tersebut. Anda segera mengetahui gejala pada ayam petarung tersebut dan segera lakukan pengobatan yang Anda anggap sesuai untuk keadaan ayam petarung Anda.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips manjur dalam mengobati ayam petarung yang turun urat, semoga dengan informasi dapat bermanfaat untuk Anda serta dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia ayam petarung.

 

Leave a Reply