Tips Dan Panduan Dalam Melatih Stamina Ayam Petarung

August 1st, 2017

Stamina termasuk salah satu peranan penting yang menjadi faktor penentu ayam petarung untuk bertarung. Tanpa stamina yang memadai ayam petarung sebaik apapun pasti akan dengan mudah dikalahkan oleh lawannya. Dan seburuk apapun ayam petarung, jika mempunyai stamina yang panjang dan bagus dalam bertarung ayam tersebut akan mampu bertahan dan juga dapat memenangkan suatu pertarungan. Karena untuk melepaskan sebuah pukulan ayam petarung tersebut harus memiliki stamina yang cukup dan dengan stamina pula ayam petarung dapat menghindari dari serangan lawan.

Maka dari itu, untuk memperoleh stamina yang baik seekor ayam petarung harus mendapatkan perawatan dan pakan yang khusus agar pernafasan, otot dan daya tahan tubuh ayam tersebut menjadi lebih kuat dan sehat.

Berikut di bawah ini adalah tips dan panduan dalam melatih stamina ayam petarung adalah sebagai berikut :

  1. Dijemur

Dalam memperkuat stamina ayam petarung hendaknya ayam tersebut dirawat mulai dari umur 7 bulan. Ayam petarung dirawat dengan cara dimandikan dan dijemur pagi dan sore hari. Ayam petarung harus terkena sinar matahari langsung, namun jangan sampai terlalu kepanasan. Jika ayam petarung kepanasan akan ditandai dengan bunyi berkokok. Jika Anda rutin selama 1 bulan maka akan terlihat perbedaannya bahwa tubuh ayam petarung akan lebih padat dan kemerahan.

  1. Beras Merah

Ayam petarung yang dirawat hendaknya diberi makanan yang berprotein tinggi seperti beras merah. Karena beras merah mengandung banyak nutrisi yang lengkap seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menunjang stamina ayam petarung tersebut.

  1. Jamu

Adapun jamu untuk meningkatkan stamina ayam petarung adalah larutan gula merah yang dicampur dengan asam jawa secukupnya. Jamu ini diberikan sebelum ayam petarung siap untuk diturunkan dalam arena bertarung. Dan bisa juga diberikan jika cuaca disekitar kandang memburuk atau sedang hujan.

  1. Vitamin

Sebagai penyempurnaan dalam perawatan, ayam petarung juga harus diberikan vitamin. Untuk pemberian vitamin, sebaiknya diberikan secara rutin dalam jumlah yang standar, karena jika berlebihan maka efeknya pun akan tidak sesuai dan malah akan membuat ayam petarung tersebut menjadi tidak sehat. Semua vitamin yang tidak sesuai dengan dosis malah akan menjadi racun saja. Vitamin yang baik untuk ayam petarung adalah vitamin A, B, C, D dan juga vitamin K yang dapat diperoleh di pasaran.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips dan panduan dalam melatih stamina ayam petarung, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply