Tips Dan Cara Mengobati Sakit Mata Pada Ayam Petarung

July 20th, 2017

Ada banyak jenis penyakit mata yang bisa menimpa ayam petarung kesayangan Anda, berikut beberapa jenis penyakit mata yang bisa terjadi pada ayam petarung Anda seperti mata bengkak, berbusa, berair, siwar atau rabun. Penyakit mata itu semua bisa timbul akibat pergantian cuaca buruk yang tidak menentu, kondisi kandang yang kurang bersih dan hangat.

Untuk pembahasan kali ini tertuju pada mata ayam yang mudah terluka ketika selesai bertarung di dalam arena sabung ayam, mata ayam yang robek akibat terkena pukulan jalu dari lawannya, sangat berisiko tinggi pada ayam dan akan menyebabkan kebutaan jika sampai mata ayam Anda pecah karena pukulan lawan, untuk penangganan luka ringan pada ayam sangatlah mudah untuk ditangani, Anda hanya cukup lakukan pengolesan obat merah atau anti septik pada bagian ayam yang terluka, lalu bagaimana cara jika ayam mengalami luka yang berat atau parah, di sini kita akan membahasnya bersama dan memberika beberapa tips dan cara untuk Anda untuk mengobati ayam petarung kesayangan Anda.

Mengobati mata ayam petarung yang robek ketika bertarung yang dilakukan oleh lawan, harus ada penangganan khusus yang langsung diberikan kepada ayam tersebut, pemberian obat merah atau anti septik sebenarnya itu masih kurang untuk diberikan, jika tidak langsung di tangani mata ayam yang robek akibat pukulan dari lawannya bisa robek dan lepas, dan berlubang. Penanganan yang cepat memungkinkan dapat meringankan penderitaan ayam tersebut dan menjauhkan ayam tersebut dari kebutaan.

Ayam petarung jika bagian matanya robek bahkan pecah terkena pukulan jalu dari lawan, harus cepat-cepat diobati menggunakan cara tradisional, ternyata bisa sembuh. Perkembangan penggunaan obat tradisional untuk keperluan penyembuhan penyakit sudah begitu marak beredar, seiring perkembangan zaman ditemukan penyakit modern yang tidak bisa ditangani oleh ilmu kedokteran. Menurut beberapa pakar ayam, pemberian daun kelor jika ditumbuk halus dan dioleskan pada luka ayam dapat mempercepat proses penyembuhan untuk ayam tersebut, Anda bisa juga menggunakan getah dari ubi rambat, menurut penelitian membuktikan tanaman kelor mengandung zat antibiotic sebagai zat pencegah infeksi dan dapat mempercepat penyembuhan.

Cara dalam memberikan obat tradisional ini dapat Anda gunakan daun kelor dengan memanfaatkan getah daun berwarna putih bening pada tangkai daunnya, Anda bisa teteskan getah pada bagian mata ayam yang terluka dengan takaran 1 – 2 tetes saja. Penanganan cepat ini dapat dilakukan jika ayam Anda mengalami cedera pada mata karena terkena pukulan dari lawan, jika mata ayam sudah diteteskan maka langkah selanjutnya adalah menutup mata ayam tersebut dengan plester selama satu hari penuh, jika dirasa masih belum cukup Anda bisa kembali melakukan ualng pada hari berikutnya sampai mata ayam Anda benar – benar sembuh.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips dan cara mengobati sakit pada ayam petarung, semoga dengan informasi ini dapat membantu dalam mengobati ayam petarung Anda.

Leave a Reply