Tips Dan Cara Melatih Ayam Bangkok Yang Benar

July 1st, 2017

Cara melatih ayam bangkok yang baik dan benar menurut para pesabung ayam ada beberapa tahap karena ayam tidak bisa dijadikan robot yang harus mengikuti kemauan kita, namun sebaliknya kita harus yang mengikuti kemauan dari sifat ayam itu sendiri.

Sebelum mencapai tahap rawatan, ayam harus dari kecil di beri pakan yang cukup dan vitamin yang cukup sehingga akan tumbuh baik kedepannya, selain itu ada beberapa vitamin yang digunakan untuk menambah nafsu makan serta obat cacing yang diberikan harus teratur, sehingga makanan yang diberi dapat dicerna dengan baik di dalam pencernaannya.

Makanan yang baik harus mengandung kalsium yang cukup dan tidak berlebihan agar tulang ayam petarung tersebut dapat berkembang dan keras, namun apabila kita memberinya terlalu banyak akan terjadi pengapuran.

Cara melatih ayam bangkok menurut para pesabung ayam tidaklah susah karena hanya membutuhkan waktu serta uang untuk membeli vitamin dan jamu agar kesehatannya stabil. Namun sebagian orang tidak mau sulit sehingga diberi pakan yang cukup dan vitamin alakadarnya saja sudah cukup asal dikasih telur dan madu, hal tersebut memang benar tapi tidak semuanya bisa memenuhi syarat untuk menstabilkan ayam itu.

Berikut di bawah ini ada beberapa tips dan cara melatih ayam bangkok yang benar:

  • Saat pagi hari diberi sarapan secukupnya.
  • Mandikan ayam harus sampai dingin hal tersebut berguna untuk melancarkan peredaran darah.
  • Jemur secukupnya untuk ayam berumur 6-9 bulan jangan sampai mogok, namun ada beberapa orang mengatakan jika kita jemur ayam sampai mogok akan menguatkan napas ayam tersebut jika diadu, hal tersebut dibenarkan oleh para pesabung ayam, namun kita harus melihat usia dan kemampuan ayam itu sendiri, karena cara jemur ayam harus bertahap.
  • Jika sudah dijemur ayam ditaruh ditempat teduh hingga suhu badannya kembali normal, kemudian diberi air minum secukupnya.
  • Berikan latihan fisik untuk ayam ini seperti diputar (dikincir) dalam satu minggu 3 kali menggunakan waktu hingga ayam tersebut terlihat lelah.
  • Di hari berikutnya ayam tersebut dilepas dikandang lepas agar bisa mengepakan sayapnya dan bermain dengan bebas.
  • Setelah menjalani latihan tersebut lepas di kandang yang ada pasir agar ayam tersebut dapat meregangkan otot (satu minggu sekali di lepas dikandang ini dan umumnya juga diberi dihari terakhir menjalani latihan).
  • Setelah sore beri pakan yang cukup dan vitamin yang cukup sehingga tenaga yang dikeluarkan akan pulih saat keesokan harinya, namun jenis vitamin yang digunakan tidak boleh terlalu keras karena akan mengakibatkan ayam ini tidak turun teli, dan gunakan vitamin yang teratur.
  • Perubahan ayam itu dapat dilihat dalam beberapa minggu setelah itu tingkatkan latihan tersebut dengan menggunakan waktu.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips dan cara melatih ayam Bangkok supaya kuat, semoga dengan informasi dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam dan dapat dijadikan sebagai panduan Anda dalam melatih ayam Bangkok Anda.

Leave a Reply