Tips Dan Cara-Cara Membudidayakan Ayam Bangkok

June 28th, 2017

Bagi rakyat Indonesia ayam bangkok merupakan jenis ayam petarung yang paling populer. Popularitas ayam bangkok dapat dikatakan sejajar dengan ayam kampung atau ayam buras (bukan ras). Pasalnya beberapa penghobi ayam petarung di Indonesia ada yang memelihara ayam bangkok bukan untuk ditandingkan. Mereka hanya memelihara sebagai simbol kecintaan mereka terhadap ayam Bangkok/sekedar hobi saja.

Tidak heran beberapa orang mencoba untuk membudidayakan ayam bangkok ini. Selain kebutuhan akan permintaan ayam bangkok yang begitu tinggi, ayam ayam petarung ini juga memiliki nilai jual yang tinggi. Namun tentu saja dalam membudidayakan ayam ayam petarung tidak segampang membalikan telapak tangan. Dibutuhkan pengalaman dan cara–cara  tersendiri untuk dapat sukses dalam membudidayakannya.

Agar  dapat mengurangi kesalahan dalam membudidayakan ayam bangkok, ada beberapa cara yang harus dilakukan. Berikut di bawah ini adalah tips dan cara–cara  membudidayakan ayam bangkok:

  1. Pemilihan Indukan Ayam Bangkok Yang Unggul

Seperti yang Anda ketahui ayam bangkok merupakan ayam petarung. Tentu saja ayam yang kuat adalah ayam yang akan dicari–cari oleh masyarakat. Oleh karena itu Anda perlu memilih ayam bangkok yang unggul. Dengan indukan yang baik maka hasil keturunan yang di hasilkan dapat di perkirakan baik pula.

  1. Usahakan Agar Indukan Ayam Bangkok Dapat Kawin

Dalam usaha pembudidayaan apalagi budidaya ayam bangkok tentu saja yang di jual bukanlah sang indukan. Keturunan dari ayam bangkok tersebut yang akan menjadi penghasilan untuk peternak. Karena itu Anda harus dapat mengusahakan agar ayam Anda dapat kawin sesering mungkin agar mendapatkan jumlah keturunan yang banyak. Semakin banyak jumlah keturunan yang di hasilkan maka keuntungan Anda akan semakin besar.

  1. Memisahkan Indukan Ayam Bangkok Dengan Telurnya

Pemisahan telur dengan indukan ini perlu dilakukan untuk beragam tujuan. Salah satu tujuan pemisahan telur dengan indukan adalah agar indukan betina mau kawin lagi (tidak mengerami telurnya). Dalam selang waktu beberapa minggu setelah pemisahan telur dengan indukan, dengan melakukan teknik mengkawinkan ayam ayam petarung tadi pasti ayam akan kawin lagi. Selain itu memisahkan indukan ayam bangkok dengan telurnya ini juga bertujuan saat telur menetas anak ayam dapat dipindahkan kekandang yang lebih baik.

  1. Pemilihan Kandang Dan Perawatan Kandang

Kadang merupakan tempat tinggal bagi indukan ayam ayam petarung, oleh karena itu patutlah kita untuk membuat kandang senyaman mungkin.

  1. Pemberian Pakan Yang Tepat Berdasarkan Umur Ayam

Pemberian pakan ayam bangkok terutama bagi anak ayam bangkok yang masih dalam tahap pertumbuhan tidak boleh sembarangan. Untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik, ayam bangkok perlu mendapatkan makanan yang sesuai dengan tahapan usianya. Pasalnya ayam bangkok yang kuat terbentuk dari saat ia masih dalam usia muda.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips dan cara-cara membudidayakan ayam bangkok, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai dunia sabung ayam.

 

Leave a Reply