^ Tips Cara Supaya Ayam Anda Tetap Sehat Selalu ^

December 19th, 2017

Beberapa Tips Cara Yang Perlu Anda Terapkan Agar Ayam Ternak Anda Akan Selalu Sehat

 

 

Pada artikel yang sebelumnya telah sering kali dibahas tentang bagaimana cara mengatasi penyakit ayam, baik itu ayam ternak ataupun ayam petarung. Dalam kesempatan kali ini admin akan membahas tentang tips cara supaya ayam anda tetap sehat selalu. Pada umumnya untuk menjaga ayam supaya tetap sehat, anda perlu menjaga kebersihan dari kandang serta tempat pemeliharaan para ayam tersebut.

 

Silahkan Disimak Beberapa Tips Supaya Ayam Tetap Sehat Selalu :

 

 

 

>> Berikan pakan yang baik untuk ayam anda serta bernutrisi tinggi dan minuman air yang bersih sert  bukan air dari kubangan maupun kolam. Berikanlah pakan terbaik untuk para ayam anda yang masih berusia dibawah 1 bulan.

>> Buatlah kandang pelindung (shelter) yang cukup besar serta kuat untuk mampu menahan cuaca yang kurang baik seperti angin serta hujan. Buatlah dengan kapasitas tampung ayam yang cukup besar sehingga ayam tidak akan berdesakan.

>> Buatlah kandang sehigenis mungkin dengan membersihkannya secara rutin serta mencuci kandang tersebut dengan air kapur ataupun bisa memberikan desinfektan.

>> Membuat kandang pemisah untuk ayam ternak anda. Pisahkanlah ayam sesuai dengan usia ayam tersebut, serta buat berapa batas atau quota ayam yang bisa ditampung dalam sebuah kandang. Jangan sampai ayam berdesakan dikarenakan sangat beresiko bagi ayam yang lemah akan terinjak ataupun ayam akan saling mematuk.

>> Apabila anda memlihara beberapa macam unggas, jangan menggabungkan unggas tersebut menjadi satu. Buatkan kandang terpisah untuk setiap jenis unggas yang berbeda.

>> Pisahkanlah anakan ayam dari ayam yang dewasa kecuali dari indukannya.

>> Berikanlah vaksinasi kepada anakan ayam sesuai dengan anjuran dari dokter hewan atau dari dinas peternakan setempat supaya anakan ayam terbebas dari berbagai macam penyakit. Apabila perlu lakukan vaksinasi ualng.

>> Pisahkanlah serta obati ayam yang sakit, apabila pengobatan tidak berhasil maka bunuhlah ayam yang telah sakit itu kemudian bakar untuk menghindarkan penyebaran penyakit.

>> Jagalah kebersihan kandang supaya tetap bersih, higenis, serta kering sehingga bibit penyakit tidak akan menyebar serta berkembang. Kandang yang basah serta lembab akan memiliki banyak sekali bibit penyakit yang sangat berbahaya untuk ayam.

>> Jualah ayam yang telah tidak produktif serta telah berhenti bertelur namun masih dapat dimanfaatkan dari dagingnya.

 

Baca Juga : Cara Paling Baik Untuk Beternak Ayam Hias Kate

 

Supaya tidak lupa, buatkan jadwal pemeliharaan ayam dengan cara bertahap mengenai aktivitas yang dilakukan dalam pemeliharaan ayam tersebut, seperti misalnya jadwal pemberian pakan dan minum, jadwal vaksinasi, jadwal pemberian vitamin serta obatan, jadwal pembersihan kotoran kandang sabung ayam, serta lain sebagainya.

Leave a Reply