Tindakan Yang Wajib Dilakukan Dalam Membentuk Ayam Petarung

October 22nd, 2017

ayam petarung

Sabung Ayam – Seorang peternak ayam petarung yang lihai pasti akan memberikan latihan-latihan yang bervariasi bagi ayamnya. Setiap latihan yang diberikan tentu saja akan meningkatkan kemampuan bertarung dari ayam tersebut. Latihan yang diberikan juga harus dapat disesuaikan dengan porsi dari ayam tersebut, karena bila diberikan latihan yang tidak sesuai dengan kondisi ayam akan menyebabkan ayam jatuh sakit.

Proses latihan yang dilakukan secara rutin akan secara perlahan memperkuat tubuh dan meningkatkan kemampuan dari ayam tersebut. Tentu saja sebagai seorang pecinta ayam petarung, anda pasti ingin juga mengetahui seperti apa cara para peternak senior tersebut dalam memberikan latihan kepada ayam sehingga kualitasnya menjadi begitu baik. Seperti apa caranya ?

Sebelum kita memulai melatihkan ayam, hal yang pertama kali sangat penting untuk dilakukan adalah dengan memijat bagian otot tubuh ayam. Hal ini penting untuk dilakukan karena akan membuat ayam menjadi lebih rileks dan bersemangat. Otot dan tubuhnya akan menjadi lebih lentur dan tidak kaku saat akan memulai latihan.

Setelah tubuh ayam menjadi rileks, maka anda dapat memberikan latihan seperti :

1. Latihah Renang
Untuk meningkatkan kekuatan pada otot-otot ayam secara signifikan, maka latihan otot merupakan langkah yang paling baik untuk digunakan. Bukan tanpa sebab dapat dipercaya seperti ini, karena ayam akan kerap bergerak dengan menggunakan seluruh bagian tubuhnya ketika dirinya sedang berenang. Ayam berbeda dengan bebek yang dapat mengapung di air. Jadi itulah sebabnya latihan ini sangat baik dalam meningkatkan kekuatan otot tubuh ayam secara keseluruhan.

2. Latihan Kaki
Semua orang juga akan tahu, bahwa membentuk kaki ayam petarung sangatlah hal yang patut untuk dilakukan. Karena dengan kekuatan kakinya yang keras, ayam dapat menendang lawannya dengan serangan yang sangat keras dan memiliki efek yang buruk bagi pertahanan lawannya. Untuk melakukan latihan ini cukup simpel, anda hanya perlu memasang barbel pada kedua kaki ayam. Dari sini kekuatan otot kaki ayam tentu akan menjadi lebih kuat dan kecepatan geraknya pun juga akan meningkat.

3. Latihan Meloncat
Saat bertarung di sebuah arena sabung ayam, selain daripada mematuk ayam dengan menggunakan paruhnya, maka ayam biasanya akan meloncat agar dapat menghantar tendangan mematikan yang disalurkannya lewat kakinya yang keras. Jadi penting sekali bagi anda untuk memberikan latihan ini kepada ayam anda.

Setelah anda memberikan latihan kepada ayam petarung anda, maka tidak boleh juga terlupakan untuk memandikan ayam tersebut. Karena rasa capek dan letih yang dirasakan ayam akan menjadi sirna dan ayam anda akan merasa segar kembali selepas berlatih.

Berikan juga beberapa vitamin untuk membuat ayam tetap sehat dan juga dapat membantu perkembangan tubuhnya dari dalam. Pakan yang tepat juga dapat membantu pertumbuhan tubuhnya menjadi lebih cepat dan baik.

Leave a Reply