Terkuak Fungsi Jengger Yang Dimiliki Oleh Setiap Ayam Petarung

September 10th, 2017

Bagi sebagian orang, jengger yang ada pada setiap ayam petarung memiliki makna tertentu yang dapat mempengaruhi kualitas bertarung dari ayam tersebut. Bila ditelisik lebih dalam lagi dengan sistem analisa yang lebih tajam, bisa dikatakan bahwa jengger ayam tidak memberikan manfaat apapun bagi tiap ayam petarung. Andaikan ada, maka hal itu pun tidak memiliki hubungannya sama sekali dengan kemampuan bertarung yang dimiliki oleh setiap ayam petarung.

Alasan dikatakannya jengger tidak memberi manfaat adalah karena jengger pada ayam hanyalah berupa hiasan bagi setiap ayam untuk memikat lawan jenisnya, terutama jengger yang berwarna merah cerah memiliki daya pikat yang sangat menggoda ayam untuk menjadikannya pasangan. Lalu kemudian menurut penelitian para ilmuwan, jengger juga memiliki fungsi menjaga tingkat suhut tubuh pada ayam tersebut karena ayam tidak bisa mengeluarkan keringat pada tubuhnya.

Apabila kita cermati di atas tersebut, maka jengger bukanlah acuan bagi diri anda untuk menemukan ayam petarung berkualitas. Namun dapat anda jadikan acuan untuk mengembang biakkan ayam-ayam yang anda miliki.

Lalu kemudian bila dibuktikan secara langsung pada fakta yang ada dalam arena sabung ayam, jengger tidak memberikan bantuan apapun bagi ayam yang memilikinya. Justru jengger menjadi sebuah keuntungan bagi ayam petarung lawan, karena jengger dapat dijadikan target serangan berupa patukan. Dengan patukan yang kuat, ayam dapat menjadikan patukan tersebut sebagai pegangan dalam melancarkan serangan tendangan keras yang dimilikinya. Untuk itulah, saat ini sudah banyak sekali para peternak senior yang sengaja memotong jengger pada ayam petarungnya agar tidak dijadikan kesempatan bagi ayam lawan untuk melakukan hal tersebut.

Jadi dengan begitu, janganlah mudah terlena dengan bentuk jengger yang dimiliki oleh setiap ayam petarung, mengingat tidak ada fungsi yang menguntungkan bagi ayam tersebut ketika bertarung. Jadi apabila anda sedang mencari ayam petarung berkualitas, maka anda lebih baik langsung melihat bagaimana kualitas bertarung yang dimilikinya.

Leave a Reply