Terbongkar! Inilah Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan

July 8th, 2017

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia, sirih merupakan flora khas provinsi Kepulauan Raiu. Sirih digunakan sebagai tanaman oba (fitofarmaka) dan juga sering dipakai sebagai acara adat contohnya di riau atau upacara adat rumpun Melayu lainnya.

Masyarakat Kepulauan Riau ini sangat menjungjung tinggi budaya pada upacara makan sirih itu khususnya saat pada upacara penyambutan tamu dan menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit.

 

Manfaat Sirih Untuk Ayam Aduan

 

Bukan hanya pada manusia saja daun sirih juga sangat bermanfaat bagi ayam petarung anda berikut fungsi daun sirih untuk ayam aduan.

 

-Sebagai antiseptik dan antibiotik untuk tubuh ayam aduan

-Daun sirih yang muda tersebut ternyata juga sangat berguna bagi ayam untuk memperpanjang nafas pada ayam aduan. Anda dapat memberikannya dengan cara ditumbuk hingga halus lalu dicampurkan ke pakan ayam.

-Hal yang paling sering terjadi saat sabung ayam (ayam laga) adalah luka, daun sirih dapat menghentikan perdarahan dan mengobati luka.

-Daun sirih tersebut juga dapat mengobati adanya ngorok pada ayam yakni dengan cara memberikan air rebusan daun sirih pada ayam yang ngorok selama satu bulan. Hal ini sudah banyak terbukti didapat kesembuhannya.

 

Sekian informasi kami mengenai Kandungan dan Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan. Semoga dapat bermanfaat bagi anda pecinta sabung ayam.

Leave a Reply