^ Tahu Gak Kenapa Ayam Selalu Berkokok Di Pagi Hari? ^

January 4th, 2018

Inilah Penjelasannya Mengapa Ayam Jago Selalu Berokok Disetiap pagi hari

 

Tahu gak mengapa ayam selalu berkokok dipagi hari, banyak sekali yang mungkin bertanya seperti itu. Apabila masih belum terbiasa, bangun dipagi hari adalah merupakan suatu pekerjaan yang memang cukup sulit. Namun berbeda dengan manusia, seekor ayam jago sabung ayam ternyata lebih sedikit teratur untuk berkokok serta juga bangun dalam waktu yang tertentu disaat menjelang pagi hari. Hari ke hari ayam jantan tidak pernah terlambat berkokok dipagi hari. Apakah yang menyebabkan ayam tersebut bisa selalu berkokok dengan teratur dipagi hari? Tidak banyak yang mengetahui kenapa ayam bisa selalu teratur berkokok dipagi hari. Namun beberapa pakar menyimpulkan bahwa ayam mempunyai “jam alarm internal”, yang nantinya akan memberitahukan kapan saja waktu dia akan berkokok.

 

 

Ayam Jantan Berkokok

 

Jam alarm yang ada pada ayam jantan tersebut nantinya akan membantu ayam untuk mencegah matahari yang akan terbit. Disaat matahari terbit adalah saatnya ayam mencari makanan serta menjaga wilayahnya yang kemungkinan akan direbut oleh ayam petarung yang lainnya. Kegiatan satu ini telah menjadi sebuah kebiasaan yang juga disebut dengan circadian rhythms ataupun ritme sirkadian. Hal ini juga dialami oleh berbagai macam hewan lain yang juga memiliki siklus harian seperti burung yang sering kali terdengar bernyanyi dipagi hari.

 

</center. 
 

Walaupun ayam telah memiliki siklus harian bahwa kapan saja waktunya berkokok namun apabila ada ayam tetangga yang berkokok lebih awal maka akan sangat memicu ayam jago lain berkokok juga lebih awal. Hal tersebut adalah merupakan mekanisme untuk menjaga serta mempertahankan wilayah ayamnya. Hal ini juga merupakan sinyal kepada ayam jantan yang lain bahwa ini adalah merupakan wilayahnya serta ayam ini tidak mengijinkan ayam jago lainnya untuk masuk.

 

Baca Juga : Tips Cara Supaya Ayam Anda Tetap Sehat Selalu

 

Ritme Sirkadian dalam ayam jantan tersebut telah lengket didalam dirinya serta pastinya tidak tergantung kepada situasi yang eksternal. Terdapat beberapa ilmuan membuat sebuah penelitian dengan mengumpulkan sekelompok ayam jago diruang yang kedap suara serta tidak ada jendelanya. Salah satu kelompok diamati dalam keadaan 12 jam pada siang hari serta 12 jam dalam cahaya redup. Sementara itu kelompok yang kedua terkena cahaya redup yang non stop sepanjang waktu. Perbuatan yang serupa juga dirasakan oleh ayam jago yang diletakkan dalam pencahayaan redup sepanjang waktu, mereka juga terus menerus berkokok tepat waktu dipagi hari sebelum matahari terbit. Inilah yang membuktikan apabila perilaku ayam jago tersebut memang terjadi disebabkan oleh irama sirkadian tubuhnya.

Leave a Reply