Sigesit Dari Sulawesi Tenggara Ayam Toloaki

July 14th, 2017

Negara Megabiodiversitas adalah julukan yang diberikan dari dunia kepada Indonesia karena para peneliti didunia sangat kagum akan keindahan dan keanekaragam flora dan fauna yang ada termasuk spesies purba dan spesies langka di Indonesia seperti komodo, anggrek hitam dan raflesia arnolid.

 

Para pesabung ayam kebanyakan mengenal ayam kuat berasal dari Negara Thainland, ayam bangkok pastinya, Indonesia memiliki banyak ayam-ayam ras asli kita yang memiliki potensi mengalahkan sabung ayam bangkok. Salah satunya Ayam Toloaki ini.

 

Pengenalan Ayam Toloaki

 

Ayam Toloaki merupakan salah satunya ayam khas Indonesia yang awal mulanya berasal dari daerah Konawe yang dipelihara oleh suku Konawe di Sulawesi Tenggara. Persebarannya meliputi seluruh wilayah Sulawesi Tenggara.

 

Jenis aym ini oleh masyarakat dimanfaatkan daging dan telur. Selain itu juga dijadikan sebagai persembahan dalam upacara adat. Bukan hanya itu ayam toloaki kerap dijadikan sebagai ayam aduan atau ayam laga.

 

Toloaki memiliki sifat yang cenderung liar dan gesit. Apabila didekati atau ditangkap ia langsung beraksi menhindar dan sulit ditangkap. Bentuk Ayam Toloaki  termasuk ayam berbadan atletis, karena pola warna bulunya mirip ayam hutan merah (Gallus-Gallus), ada juga yang menyebutnya ayam hutan atau ayam buras hutan.

 

 

Ciri-ciri Fisik ayam Toloaki

 

Bentuk sayap menempel rapat di sisi badan. Kepala dari ayam toloaki ini juga kecil dan bulat dengan bentuk paruh yang pendek namun kuat dan melengkung pada ujungnya. Pada bagian wajah ayam ini ditumbuhi oleh bulu-bulu kecil seperti brewok pada manusia.

 

Ciri-Ciri Ayam Toloaki

 

  • Tubuh terlihat langsing, tegak, gesit, dan liar.
  • Warna bulu terdiri dari putih, kuning keemasan, coklat, dan hitam.
  • Jengger dan pial kecil dan berwarna merah.
  • Paruh dan kaki berwarna kekuningan.
  • Ekor panjang dan melengkung.
  • Menghasilkan telur berkisar 14 – 20 butir per periode.
  • Bobot dewasa baik jantan dan betina berkisar 1,2 – 2kg.

 

Cintailah ras asli Indonesia. Ayam ras asli kita juga tidak kalah kuat dibandingkan dengan ayam tas luar negeri. Sekian informasi mengenai ayam petarung khas Sulawesi Tenggara Ayam Toloaki. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan juga dapat berguna untuk anda yang sedang mencari ayam untuk aduan.

Leave a Reply