Si Menawan Ayam Onagadori

June 23rd, 2017

Ayam Onagadori dalam bahasa Jepang dapat diartikan sebagai ayam berekor panjang, “O” yang berarti ekor, “naga” yang berarti panjang dan “dori” yang berarti unggas. Onagadori merupakan ayam asli asal Jepang dari prefektur kochi. Sejarah Jepang menceritakan bahwa pangeran yang mengusai wilayah yamanouchi diprefektur kochi yang terletak di semenanjung selatan shikoku ini memiliki pelindung kepala dan tombak dengan hiasan bulu ayam yang panjang yang akan digunakan untuk acara–acara khusus seperti acara menghormati sang kaisar.

Berikut di bawah ini ada beberapa ciri-ciri khas ayam onagadori:

  1. Memiliki ekor yang panjang.
  2. Jengger berwarna merah dengan tipe single.
  3. Berat ayam jantan sekitar 1.8 kg dan ayam betina 1.35 kg.
  4. Kulit di bawah bulu berwarna kuning.
  5. Telur berukuran sedang berwarna coklat muda.
  6. Bulu berwarna putih, hitam kombinasi merah, perak, keemasan serta putih.

Ayam ini merupakan ayam yang unik karena ekornya yang panjangnya dapat mencapai 10 meter, ekor dari Onagadori ini adalah non-molting atau bulu ekor tidak memiliki lapisan keras. Ayam ini juga dikatakan ayam yang sering merenung, jinak dan dapat membesarkan anak–anaknya tanpa ada masalah. Tidak diherankan jika banyak yang menyukai ayam unik yang satu ini. Bahkan kaisar Jepang sendiri pun membudidayakan ayam petarung satu ini. Karena ayam onagadori ini sangat unik dan akhirnya pemerintah Jepang pun menjaga dan melestarikannya dengan memasukan ayam ini sebagai jenis ayam yang dilindungi.

Para pemilik ayam onagadori berusaha keras untuk menjaga dengan baik ekor ayam ini dengan menyediakan kandang yang baik dan bersih. Kandang ini dilengkapi dengan tempat bertengger yang tinggi, sehingga ekor tidak menyentuh tanah. Ukuran kandang dibuat dengan seksama sehingga tidak mengganggu pergerakan ayam. Selain faktor kandang, faktor nutrisi juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekor ayam onagadori. Ekor yang panjang, terawat dan warna yang bagus menentukan nilai dari ayam onagadori.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai si menawan ayam onagadori, semoga dengan informasi dapat bermanfaat bagi Anda semua yang sedang mencari informasi seputar sabung ayam dan lainnya.

 

Leave a Reply