Si Ayam Hias Ayam Cochin

June 22nd, 2017

Ayam cochin merupakan salah satu jenis ayam hias yang cukup populer diantara para pecinta ayam hias di Indonesia. Ayam ini merupakan ayam yang berasal dari negeri tirai bambu yaitu Shanghai, China . Dalam perkembangannya ayam ini mulai di ekspor ke Inggris dan Amerika pada pertengahan abad ke-19. Ayam hias yang satu ini cepat dikenal karena keindahan bentuk tubuh dan warna bulunya.

Berdasarkan ukuran tubuhnya, terdapat dua jenis ayam cochin yaitu jenis bantam cochin dan giant cochin. Ayam jenis giant cochin biasanya dimanfaatkan sebagai ayam pedaging dan diambil bulunya, sedangkan yang jenis bantam cochin sering dipelihara dan dibudidayakan sebagai ayam hias. Bisa dikatakan ayam giant cochin ini sangatlah mirip dengan sabung ayam brahma bedanya jika diperhatikan lebih teliti ayam giant cochin ini mempunyai jengger wilah sedangkan ayam brahma berjengger telon.

Berikut di bawah ini ciri–ciri ayam cochin:

1.Bulu pada bagian tubuhnya longgar dan tebal.

2.Bagian kaki juga tertutup oleh bulu, seakan tersambung dari tubuh sampai kaki.

3.Produksi telur ayam ini biasanya sedikit dan mengerami telurnya setelah bertelur.

Ada beberapa warna bulu ayam cochin ini yang umumnya sering dijumpai seperti warna putih, hitam, dan merah. Selain itu juga ayam cochin yang memiliki variasi warna yang tidak kalah indahnya. Saat ini banyak sekali pembudidaya maupun peternak ayam ini yang mencoba untuk menciptakan variasi baru dengan mengkahwin silangkan dengan beberapa ayam hias yang lain seperti ayam cemani, ayam kapas, ayam poland, ayam kate, ayam batik, ayam walik dan sebagainya. Untuk perawatan ayam cochin ini sangat disarankan untuk meletakkan alas pada kandang ayam supaya tidak becek/basah dikarenakan akan merusak bulu yang tumbuh pada kaki ayam petarung.

Bagi Anda yang ingin tahu harga dari ayam ini berikut kita infomasikan harga dari ayam ini:

Bantam Cochin :

1.Usia sebulan Rp 250.000/ekor

2.Usia 2 bulan Rp 500.000/ekor

4.Usia 4 bulan Rp 1.750.000/pasang

5.Usia 6 bulan Rp 2.500.000/pasang

6.indukkan 3.000.000-3.500.000/pasang

Giant Cochin :

1.Usia 1 bulan Rp 1.000.000/ekor

2.Usia 2 bulan Rp 1.750.000/ekor

3.Usia 4 bulan Rp 5.500.000/pasang

4.indukkan Rp 13.000.000/pasang

Sekian informasi dari kami mengenai si ayam hias ayam cochin, semoga dengan artikel ini akan bermanfaat bagi Anda semua yang sedang mencari informasi tentang ayam tersebut.

 

Leave a Reply