Sekilas Mengenai Pengobatan Penyakit Turun Urat Pada Ayam Petarung

October 5th, 2017

ayam turun urat

Sabung Ayam – Seekor ayam petarung yang mengalami penyakit turun urat ini terkadang bisa sampai membuat pemiliknya menjadi kebingungan, karena kemampuan bertarung dari seekor ayam yang mengalami penyakit turun urat tidak akan bisa memberikan hasil yang memuaskan untuk pemiliknya yang telah tiap hari merawatnya.

Ayam petarung yang terserang penyakit turun urat ini biasanya disebabkan oleh faktor usia ayam tersebut yang masih terlalu muda akan tetapi pemiliknya itu tetap memaksa ingin mempertarungkan ayam tersebut yang pada akhirnya bukan kemenangan yang akan diperolehnya malahan penyakit yang akan diperolehnya. Penyakit turun urat yang menyerang ayam petarung ini bisa menyebabkan gerakan serta pukulan ayam tersebut menjadi tidak leluasa dan terasa kaku.

Sebaiknya Anda jangan melagakan ayam petarung yang masih memiliki usia yang sangat muda. Karena ayam petarung yang pada usia tersebut tulang serta struktur ototnya masih belum begitu kuat untuk melakukan pekerjaan yang terlalu berat. Sama seperti manusia pada umumnya, jika manusia yang masih terlalu kecil di suruh mengangkat beban yang beratnya 50 kg, tentu ia akan mengalami patah kaki atau pada tulang punggungnya. Hal ini juga sama dengan ayam petarung, maka dari itu jangan memaksakkan ayam petarung yang masih kecil untuk melakukan pekerjaan yang terlalu berat.

Ayam petarung yang terkena penyakit turun urat ini bisa Anda kenali, karena ayam yang terkena penyakit ini kakinya akan terlihat pincang serta kaki yang sebelahnya lagi sering diangkatnya. Cara untuk menyembuhkan penyakit ini sangat mudah apabila Anda mengetahui caranya.

Cara yang mudah dan praktis serta gratis untuk menyembuhkan ayam dari penyakit turun urat ini adalah dengan menggunakan ramuan tradisional. Selain bebas dari biaya, khasiat yang diberikan ramuan ini juga tidak kalah manjurnya dengan obat yang dijual oleh toko hewan yang harganya cukup mahal.

Ramuan tradisional yang biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit turun urat pada ayam petarung adalah ramuan yang menggunakan daun sirih sebagai bahannya. Berikut di bawah ini adalah cara untuk membuat ramuan tradisional tersebut, yakni sebagai berikut:

  • Pertama Anda harus menumbuk daun sirih tersebut sampai hancur.
  • Setelah itu, Anda bisa menempelkannya pada kaki ayam yang mengalami turun urat.
  • Lalu bisa Anda bungkus dengan menggunakan perban atau kain.
  • Lakukan cara ini secara rutin sampai ayam tersebut benar – benar sembuh dari penyakit ini.

Di dalam masa penyembuhan, sangat disarankan supaya kaki ayam tersebut tidak menginjak tanah. Apabila Anda ingin mengganti perbannya, maka pada saat mengganti perbannya Anda harus memasukkan terlebih dahulu kaki ayam tersebut ke dalam air yang dingin selama 3 menit. Anda juga bisa memberikan obat rematik yang biasa digunakan oleh manusia yang bisa Anda dapatkan dari apotik yang terdekat yang bisa Anda berikan secara rutin dan dosis pemberiannya harus diikuti sesuai dengan yang tertera pada kemasan.

Baca Ini : Tips Membuat Jamu Nafas Panjang Untuk Ayam Petarung

Demikian akhir dari informasi yang bisa kami sampaikan mengenai sekilas mengenai pengobatan penyakit turun urat pada ayam petarung, semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda dengan memperluas wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply