Penyebab Ayam Petarung Mudah Terserang Penyakit

November 17th, 2017

Penyebab Ayam Petarung Mudah Terserang Penyakit

Penyebab Ayam Petarung Mudah Terserang Penyakit

Penyebab Ayam Petarung Mudah Terserang Penyakit

 

Sabung Ayam – Sebagai seorang pemilik atau peternak dari ayam petarung, tentu saja kita selalu berharap bahwa ayam kita bisa selalu sehat. Karena saat ayam terserang penyakit, bukan hanya kita harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli obat, tetapi hal itu bisa saja membuat ayam tersebut kehilangan nyawanya. Hal seperti itu bukanlah hal yang ingin kita rasakan, apalagi bila terjadi pada ayam kesayangan kita.

Jadi, agar hal seperti itu tidak terjadi pada hasil ternakan ayam petarung kita, maka anda harus mengetahui apa saja penyebab yang bisa membuat ayam mudah terserang penyakit. Agen sabung ayam online M8ko.com akan membeberkan apa saja penyebab tersebut melalui penjelasan di bawah ini:

1. Kekurangan Gizi dan Nutrisi

Sebenarnya, apabila ayam petarung anda masih bisa mengalami yang namanya kekurangan gizi dan nutrisi, maka dapat dibilang bahwa perawatan yang anda berikan tidak optimal. Menjaga gizi dan nutrisi pada tubuh ayam dapat dilakukan dengan memberikan jenis pakan yang sesuai dengan kebutuhan ayam. Kandungan yang terdapat pada masing-masing jenis pakan memiliki kandungan gizi dan nutrisinya masing-masing. Sehingga berikanlah pakan terbaik yang anda miliki untuk ayam kesayangan anda.

2. Lingkungan Yang Kotor

Lingkungan memiliki pengaruh yang cukup signifikan bagi ayam petarung anda, terlebih lagi kondisi dari kandangnya. Kita tentu saja mengetahui bahwa kotoran ayam dapat memicu timbulnya virus dan bakteri yang membawa penyakit. Untuk mencegahnya cukup dengan melakukan pembersihan kandang secara rutin. Selain membuat ayam terbebas dari sumber penyakit tersebut, hal ini juga membuat dirinya menjadi lebih nyaman.

 

baca juga : Dua Hal Yang Sangat Penting Bagi Ayam Petarung

 

3. Pemberian Latihan Yang Berlebihan

Sebagai seorang pecinta ayam petarung, tentu saja kita ingin ayam kita dapat menjadi petarung yang sempurna. Hal tersebut tentu saja dilakukan dengan memberikan latihan agar dapat membentuk tubuh dan kekuatan dari ayam tersebut. Sayangnya saja, kadangkala keinginan kita itu tidak selamanya dapat dipenuhi oleh sang ayam. Setiap ayam memiliki tingkat kemampuan tubuh yang berbeda-beda. Sehingga bila diberikan latihan yang terlalu berlebihan, maka hasilnya hanya akan membuat ayam ini menjadi menderita dan kecapekan. Saat kecapekan inilah yang membuat virus menjadi jauh lebih mudah untuk menyerang kekebalan tubuh ayam.

Penyebab yang dijelaskan di atas ini merupakan sebagian dari beberapa penyebab yang membuat ayam petarung anda menjadi mudah terserang penyakit. Untuk itulah penting sekali bagi kita untuk memberikan perawatan dan juta perhatian yang benar. Sehingga dengan begitu anda pun nantinya tidak perlu khawatir lagi dengan kondisi ayam anda. Ayam yang diberikan perawatan dan latihan yang sesuai dengan takarannya akan dapat tumbuh berkembang menjadi petarung yang sempurna.

Leave a Reply