Pentingnya Induk Betina Untuk Mewarisi Kualitas Dari Ayam Petarung

October 4th, 2017

ayam petarung

Sabung Ayam – Saat anda memiliki ayam petarung jantan yang berkualitas, tentunya sebagai seorang peternak perlu sekali tindakan untuk mengembang-biakkan ayam tersebut agar nantinya kualitas yang dimilikinya dapat mengalir ke keturunan yang dihasilkannya. Untuk itu, agar bisa menghasilkan keturunan yang baik pula, maka langkah yang perlu anda lakukan adalah mengkawinkan ayam jantan tersebut dengan ayam betina.

Ayam betina yang anda gunakan sebagai induk pun juga tidak boleh anda tentukan dengan sembarangan, dimana untuk menghasilkan keturunan yang lebih baik lagi, pastikan bahwa ayam betina tersebut merupakan ras yang lebih baik daripada ayam jantang ataupun setidaknya memiliki ras yang sama. Sebagai contoh saat anda memiliki ayam saigon, maka anda dapat menggunakan ayam bangkok ataupun ayam saigon untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas. Tetapi hindari misalkan ayam jantan anda merupakan ayam bangkok dan dikawinkan dengan ayam betina kampung, maka kemungkinan besar hasil keturunannya tidak akan begitu sempurna.

Faktor ayam betina tentu memiliki faktor yang cukup penting, karena ayam betina juga mewarisi beberapa sifat dari induk jantannya, sehingga ketika menghasilkan bibit nantinya akan bisa memiliki gabungan ataupun penyempurnaan kualitas dari kedua induk yang menghasilkannya.

Bibit ayam petarung juga harus diperhatikan dalam perawatannya, karena bibit ayam sangat lemah dan dapat dengan mudah mati karena perubahan suhu. Oleh karena itulah penting sekali bagi anda sebagai peternak untuk menyediakan sebuah kandang yang dapat memberikan kenyamanan bagi bibit-bibit tersebut yang juga dilengkapi dengan bola lampu yang dapat menghasilkan hawa hangat. Pakan yang diberikan juga harus diperhatikan dengan baik, karena jenis pakan haruslah disesuaikan dengan usia dari bibit tersebut. Berikanlah pakan yang memiliki bentuk yang halus agar nantinya bibit-bibit tersebut terhindar dari masalah pencernaan.

Sebagai persiapan untuk mendapatkan kembali bibit berkualitas, anda harus sudah menentukannya sejak dari bibit tersebut kecil. Bibit yang akan menjadi seekor ayam petarung berkualitas biasanya memiliki ciri yang sedikit berbeda dan lebih aggresif bila dibandingkan dengan bibit lain yang berada disekitarnya. Saat anda sudah mengetahui bibit mana saja yang akan anda jadikan ayam petarung, maka berikanlah perawatan extra yang lebih baik dan latihan yang teratur agar nantinya bisa tumbuh berkembang menjadi juara pada pertandingan sabung ayam.

Leave a Reply