Pengenalan Jenis Ayam Orpington

July 11th, 2017

Buff Orpington

 

Ayam Orpington adalah merupakan sabung ayam yang dikembangkan oleh Negara Inggris tepatnya di orpington. Jenis ayam ini merupakan hasil silang antara ayam minorica pejantan dengan ayam Plymouth rock yang dilakukan oleh William Cook. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan bibit-bibit unggulan yang proses pertumbuhannya lebih cepat dan produksi telurnya lebih banyak dari ayam jenis lain.

 

Dari hasil perkawinan silang tersebut lahirlah ayam Black Orpington. White Orpington, Buff Orpington, dan Spangled yang dibedakan menurut warna bulunya yang menarik juga memiliki kualitas daging dan telur yang paling banyak dari ke 3 jenis lainnya.

 

Keberadaan ayam ini cukup memikat para pecinta ayam diseluruh dunia untuk dapat memiliki ayam Orpington. Selain di Inggris, ayam ini juga dibawa samapi ke Amerika guna untuk dilakukan penangkaran. Hasilnya, ayam tersebut dapat beradaptasi dengan baik dan mampu berkembang biak dengan cepat. hal ini salah satunya karena perawatannya yang relatif mudah seperti ayam kampung di Indonesia.

White Orpington

 

Kelebihan Dari Ayam Orpington

Kelebihan dari ayam orpington tentu saja seperti tujuan penelitiannya yaitu memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat, produksi telur yang baik, sehingga ayam petarung ini termasuk ayam golongan dwiguna. Ayam ini juga sangat tenang atau tidak agresif.

 

Black Orpington

 

Berikut Ciri-Ciri Dari Ayam Orpington

– Warna bulu hitam, boru, buff, dan splash.

– Memiliki sisir tunggal.

– Telur berwarna coklat.

– Bulunya halus dan hebat yang hampir menutupi kakinya.

– Bisa menghasilkan telur kurang lebih 340 butir per/ tahun.

– Untuk bobot pejantan dewasa bisa mencapai 4,5kg.

– Sedangkan bobot untuk yang betina dewasa bisa mencapai 3,6 – 6kg .

Spangled

Sekian artikel ini kami sajikan untuk anda, kiranya artikel ini dapat menambah wawasan anda sekaligus menghibur anda dari segala kepenantan kerja anda.

Leave a Reply