Pengelompokan Pakan Ayam Petarung Berdasarkan Jenis Gaya Tarungnya

December 14th, 2017

Pengelompokan Pakan Ayam Petarung Berdasarkan Jenis Gaya Tarungnya

Pengelompokan Pakan Ayam Petarung Berdasarkan Jenis Gaya Tarungnya

Pengelompokan Pakan Ayam Petarung Berdasarkan Jenis Gaya Tarungnya

 

Sabung Ayam – Pakan yang tepat dan terbaik akan memiliki efek yang baik pula bagi ayam petarung yang mengkonsumsikannya. Dengan begitu, sebagai pemilik dan juga peternak dari ayam tersebut, maka memberikan pakan terbaik merupakan sebuah hal yang wajib untuk kita lakukan. Pemberian pakan bagi ayam juga harus disesuaikan pula dengan jenis gaya bertarung sang ayam. Dimana pada dasarnya, 2 jenis gaya bertarung tersebut adalah gaya pukul dan gaya jalu.

Kali ini kita akan membahas seperti apa seharusnya kita memberikan pakan pada ayam petarung kita yang memiliki gaya bertarung yang berbeda seperti itu. Karena kedua-duanya memiliki karakteristiknya tersendiri. Berikut Penjelasannya!

 

A. Pakan Bagi Ayam Gaya Tarung Pukul

Secara umumnya, ayam pukul merupakan ayam yang bertarung dengan menggunakan pukulan dan tendangannya sebagai senjata utamanya. Pertarungan yang berlangsung pada pertandingan ini juga biasanya akan lebih panjang dan akan berjalan selama beberapa ronde, bila ayam yang bertarung sama kuatnya. Sehingga dengan begitu, faktor stamina akan menjadi fokus utama dalam pemberian pakannya. Jadi, protein dan karbohidrat akan sangat diwajibkan untuk diberikan kepada ayam tipe pukul ini. Protein dan karbohidrat memiliki fungsi sebagai cadangan energi bagi ayam. Sehingga dengan begitu mereka akan dapat bertarung dengan lebih tahan lama. Protein yang tinggi juga dapat membuat tubuh ayam menjadi lebih kuat dan berisi.

Kemudian jenis pakan yang dapat diberikan adalah seperti jagung dan dedak. Kami juga menemukan sebuah racikan khusus yang dapat anda berikan kepada ayam anda. Yaitu dengan membuat pakan yang terbentuk dari gabungan jagung halus,  dedak, konsentrat ayam serta bubuk susu. Keempat bahan tersebut digabungkan menjadi satu dengan komposisi yang berbeda-beda sebelum diberikan kepada ayam petarung anda.

Baca juga : Cara Mempertegas Nafsu Bertarung Dari Ayam Petarung

 

B. Pakan Bagi Ayam Gaya Tarung Jalu

Ayam petarung yang memiliki gaya bertarung jalu biasanya memiliki kebiasaan menyerang secara membabi buta. Dalam waktu yang singkat, ayam ini akan bisa menghasilkan serangan yang mematikan dan luka yang serius bagi ayam lawan yang terkena serangannya. Lihat saja pertandingan sabung melalui video sabung ayam, maka anda akan melihat dengan sangat jelas bagaimana cara ayam ini menyerang lawannya. Sehingga, dengan begitu faktor kecepatan menjadi hal utama bagi ayam jenis ini.

Untuk itulah, makanan yang memiliki kandungan rendah lemak sangat diperlukan oleh ayam petarung jenis tarung jalu ini. Makanan seperti beras merah akan menjadi pilihan utama bagi para peternak. Karena selain memiliki takaran lemak yang rendah, kandungan nutrisi yang dimilikinya juga sangat lengkap dan mampu mengisi kebutuhan gizi dari ayam secara sempurna.

Leave a Reply