Panduan Dalan Merawat Ayam Petarung Bermental Juara

August 1st, 2017

Jika Anda memiliki ayam petarung bermental juara Anda harus paham betul bagaimana cara merawat ayam tersebut.

Untuk perawatan ayam petarung bermental juara perlu perhatian yang ekstra berupa latihan fisik, makanan dan cara memandikannya juga perlu diperhatikan. Sebenarnya dalam hal perawatan tidak akan mempengaruhi teknik dan gaya bertarung ayam petarung karena hal tersebut tidak bisa dibentuk oleh campur tangan manusia, melainkan bawaan dari induknya.

Perawatan hanya akan membentuk otot, tenaga dan stamina. Untuk melakukan perawatan khusus pada ayam petarung bermental juara sebaiknya ayam tersebut berusia 7 hingga 8 bulan, karena dalam usia itu fisik, tenaga, bulu dan mental ayam tersebut sudah terpenuhi.

Untuk mendapatkan ayam petarung yang mempunyai kualitas yang bagus kita harus memilih ayam petarung yang sama ras, kepala dan mata bagus, bulu halus, gesit dan lincah serta memiliki teknik bertarung yang bagus. Ketika masih anakan ayam petarung sudah diseleksi dan dirawat dengan baik.

Berikut di bawah ini adalah panduan dalam merawat ayam petarung yang bermental juara adalah sebagai berikut:

  1. Memperhatikan Pakan Ayam

Khusus untuk ayam petarung bermental juara ada beberapa resep khusus dan bahan yang mudah didapat. Resep itu berupa jahe, laos, kunyit, daun sirih dan kencur rebus. Bahan-bahan tersebut kemudian diambil airnya untuk direndam ke dalam makanan dan satu minggu sebelum diadu bisa dicampurkan dengan gula merah secukupnya. Serta daun sirih rebus diberikan setiap hari sebagai minuman agar ayam petarung tidak mudah terkena penyakit. Seminggu sekali berikan rebusan daun pepaya yang diambil airnya untuk menjaga stamina dan menambah nafsu makan ayam tersebut.

  1. Cara Memandikan Ayam

Cara memandikan ayam petarung bermental juara yang benar adalah hanya membasahi bagian-bagian tertentu tubuh ayam tersebut. Tidak boleh langsung diguyur badannya sampai basah. Bagian yang perlu dibasahi adalah bagian leher, sayap, pinggang hingga kaki.

  1. Melatih Pernafasan

Cara melatih pernafasan ayam petarung bermental juara yaitu dengan dijemur selama 2 – 3 jam setelah dimandikan lalu dipindahkan ke kandang umbaran. Dalam melakukan latihan pernafasan baiknya dilakukan secara bertahap. Latihan ini baiknya disesuaikan dengan kemampuan setiap ayam petarung. Karena kemampuan nafas masing – masing ayam petarung berbeda-beda.

  1. Merawat Kaki Dan Taji Ayam

Taji biasanya tumbuh di bagian belakang kaki ayam petarung yang memiliki dua lapisan, yang pertama pada bagian luar merupakan lapisan kulit atau tulang keras, dan bagian kedua di bagian dalam yang memiliki tekstur yang lebih lunak. Untuk merawat taji ayam petarung yaitu dengan serana kunyit atau belimbing wuluh. Caranya diusapkan secara teratur pada bagian taji ayam petarung. Hal ini bisa menambah kepadatan serta kekuatan pada taji ayam petarung tersebut. Selain itu, untuk menghaluskan taji Anda bisa mengguanakan amplas yang paling halus.

Sekian dari informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pandua dalam merawat ayam petarung bermental juara, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menambah wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply