Paduan Menyilangkan Beberapa Jenis Ayam Petarung Menjadi Generasi Baru

July 15th, 2017

Seiring berjalannya waktu, terjadi perkembangan yang pesat pada dunia ayam petarung, sehingga memunculkan banyak jenis ayam petarung baru. Berbagai ragam ayam dari berbagai jenis di kawinsilangkan oleh para peternak ayam aduan sebagai peningkat kualitas dari ayam aduan induknya. Kawin silang ayam aduan seperti bangkok dan ayam birma, ayam vietnam dengan ayam bangkok, ayam bangkok dengan ayam shamo, dan juga ayam aduan lain dilakukan. Jenis ayam aduan 3 darah maupun 4 darah dihasilkan menjadi salah satu jenis dari ayam unggul atas hasil persilangan ayam aduan.

Kawin silang ayam aduan perlu diperhatikan jika Anda menginginkan ayam bangkok Anda menjadi jenis baru yang berkualitas. Gen ayam yang terkuat akan mendominasi gen dalam persilangan ayam dan mempengaruhi hasil dari kawin silang ayam tersebut. Baik atau tidaknya suatu gen ayam aduan yang hilang, perlu Anda pertimbangkan juga.

Perkawinan silang bisa berbuah manis tetapi juga bisa berbuah pahit. Pemilihan induk ayam berkualitas unggul juga perlu dilakukan. Jika ayam bangkok jenis juara yang menjadi pilihan, perhatikanlah gen dari masing-masing ayam. Hasil silang anak ayam bangkok mana yang lebih unggul dapat Anda lihat melalui proses sabung ayam.

Cara kawin silang antara induk ayam petarung dengan jenis lainnya cukup mudah untuk dilakukan. Secara alami di dalam kandang umbaran ataupun dengan sistem kawin dodokan bisa menjadi solusi. Cara dodokan dalam mengawinkan induk ayam aduan dilakukan dengan memegang induk ayam betina, lalu induk jantan akan mengawini si betina. Induk jantan yang bagus tak terlalu sulit jika dikawinkan dengan cara dodokan.

Cara kawin ayam secara dodokan juga dikenal cepat dalam menghasilkan keturunan. Cara alami baru dilakukan jika pejantan ayam bangkok tidak mau kawin secara dodok. Bisa juga melalui inseminasi buatan, tetapi Anda harus siap merogoh kocek Anda untuk cara yang satu ini.

Pejantan ayam bangkok aduan dapat mengawini 3-4 ekor indukan betina. Cara mengawinkan pun terbilang sangat mudah. Kendala dalam memilih induk betina serta pejantan yang berkualitaslah yang mungkin sering dijumpa. Pasti Anda tidak menginginkan gen ayam bangkok unggul kesayangan Anda hilang bukan? Oleh karena itu, pemilihan bibit unggul diperlukan karena mempengaruhi gen pada anak ayam bangkok hasil dari silangan nanti.

Dalam mengawinkan hasil anak ayam silangan Anda sebaiknya tidak mengawinkan saudara sekandung (memiliki induk sama). Perkawinan antara induk (F1) dan anak (F2) masih diperbolehkan. begitu juga dengan perkawinan antara induk (F1) dengan cucu (F3) agar kecacatan pada anak ayam bangkok cacat dapat terhindari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat anda untuk dapat menciptakan ayma juara sabung ayam!

Leave a Reply