Mengetahui Potensi Ayam Filipina Sebagai Ayam Petarung Mematikan

September 18th, 2017

Apabila anda memiliki seekor ayam jenis Filipina, maka tentu anda harus mengetahui pula bahwa ayam tersebut memiliki potensi yang sangat tinggi untuk dijadikan sebagai ayam petarung sabung ayam.

Mengapa ayam Filipina dapat disebut demikian ?

Ayam Filipina bila dilihat dari namanya maka sudah jelas bahwa ayam ini merupakan ayam asli dari negara tetangga kita, Filipina. Meskipun ayam ini memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih kecil dari ayam bangkok, dan bahkan ayam kampung asli Indonesia memiliki tubuh yang sedikit lebih besar dari ayam ini, namun nyatanya kemampuan bertarung ayam Filipina tidak boleh dianggap remeh. Ayam ini bisa memanfaatkan ukuran tubuhnya yang lebih ramping untuk menjadikannya ayam petarung yang mematikan, terlebih lagi saat ayam ini memiliki taji atau jalu yang tajam pada kakinya. Gerakannya yang cepat, gesit, dan lincah membuatnya menjadi sangat berbahaya sekali ketika bertarung.

Selain itu, ayam ini juga relatif mudah untuk dipelihara. Anda tidak perlu mengucurkan biaya perawatan yang besar seperti saat memelihara ayam bangkok. Biaya satu-satunya yang tinggi dari menernak ayam petarung ini adalah dari jenis pakan yang cocok untuk diberikan kepada ayam tersebut. Mengingat pertandingan sabung ayam merupakan pertandingan yang sangat membutuhkan kecepatan untuk bisa memenangkan pertandingan, maka pakan seperti beras merah merupakan pilihan yang paling tepat untuk diberikan kepada ayam tersebut. Beras merah memiliki kandungan nutrisi sempurna bagi ayam, namun pula kadar lemak dan karbohidrat yang ada pada beras merah sangatlah baik untuk menjaga ukuran tubuh.

Untuk pelatihan, ayam ini hanya perlu dipusatkan pada tingkat kecepatan, kelincahan, dan mental tarungnya. Mengapa demikian karena pada pertandingan sabung ayam, kekuatan serangan bukanlah segalanya. Jalu yang dipasangkan pisau akan tetap bekerja dengan sempurna meskipun serangan ayam tidak keras. Saat ayam anda memiliki gerakan yang cepat dan lincah, maka tentu saja mendaratkan serangan pisau pada bagian tubuh lawannya menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukannya. Tentu saja faktor mental juga menjadi masalah disini. Pastikan pula ayam anda terbiasa dengan mencium dan melihat darah. Karena tidak semua ayam memiliki keberanian untuk menghadapi hal tersebut. Tetapi tentunya bila anda melatih mental ayam anda, maka hal tersebut tidak akan menjadi penghalang bagi ayam anda untuk tetap bertarung dengan gagah berani.

Leave a Reply