Mengenal Pakan Berkualitas Bagi Ayam Pelung

January 29th, 2018

Berikan pakan yang berkualitas agar suara kokok dan pertumbuhannya tetap terjaga

Mengenal Pakan Berkualitas Bagi Ayam Pelung

Mengenal Pakan Berkualitas Bagi Ayam Pelung

 

Sabung Ayam – Ayam peluang dikenal mempunyai suara yang bagus dan panjang saat berkokok. Agar kualitas berkokoknya meningkat, tentu memerlukan perawatan khusus seperti memberikan pakan yang baik. Dengan asupan pakan yang baik akan membuat suara ayam pelung ini semakin merdu dan tahan lama serta panjang tanpa ada terputus sedikitpun.

Jangan membiarkan suara merdunya rusak karena kekurangan asupan suplemen didalam tubuhnya. Tidak hanya itu saja, faktor lainnya disebabkan karena cuaca yang tidak mendukung, kebersihan kandang yang membuat kondisi tubuhnya menurun. Karena itulah kenapa kami disini akan membantu para jurangan ayam petarung untuk memberikan tips supaya suara ayam peluang bisa lebih baik lagi dan merdu.

Pakan Terbaik Bagi Ayam Pelung

Pada masa pertumbuhan, ayam peluang sangat memerlukan pakan yang mempunyai gizi yang baik agar dapat meningkatkan kualitas suaranya. Apabila saat berkokok suaranya tidak merdu atau serak bearti perawatan sebelumnya kurang maksimal dan tidak terawat dengan baik. Bagi anda yang masih merawat ayam peluang yang masih berusia 1-6 bulan, maka berikan jenis pakan berkualitas ini agar meningkatkan stamina dan memperindah suara kokoknya.

Karbohidrat

Ayam peluang memerlukan energi yang lebih, karena itu pakan yang mengandung karbohidrat sangat diperlukan. Pakan tersebut ialah gabah, kedelai, ubi kayu dan jagung. Jadi, rutinlah memberikannya agar dapat tumbuh sehat dan mempunyai suara kokokan yang bagus.

Protein

Kandungan protein juga sangat diperlukan oleh ayam peluang, jadi berikan pakan yang tinggi protein seperti jagung halus, dedak, bungkil kelapa dan kacang serangga.

Lemak

Selain protein dan karbohidrat, kandungan lemak juga menjadi faktor utama untuk membangkitkan kualitas pada ayam pelung. Namun, kandungan lemak ini tidak boleh diberikan terlalu banyak karena dapat menyebabkan kegemukan. Pakan yang mengandung lemak berupa minyak kelapa, bungkil kacang, bekatul dan bungkil kelapa.

Vitamin Dan Mineral

Untuk pembentukan tulang dan kekebalan tubuh ayam peluang, para jurangan pecinta sabung ayam harus memberikan asupan vitamin dan mineral yang cukup. Apalagi masih masa pertumbuhan sangat memerlukannya.

Baca juga : Cara Dan Tips Menjaga Anakan Ayam Sehat Terus

 

Sekian pembahasan kita kali ini, semoga apa yang kami berikan diatas mengenai pakan yang berkualitas dapat bermanfaat terutama bagi para jurangan pecinta ayam pelung di Indonesia. Terima kasih dan semoga berhasil!

Leave a Reply