Mengenal Lebih Dekat Tentang Ayam Ketawa

July 6th, 2017

Ayam ketawa ini dulunya disebut dengan nama ayam jantan dari timur. Ayam ini merupakan ayam asli negara kita yang berlokasi di kabupaten sindrap, Sulawesi Selatan. Pada lingkungan bangsawan Bugisayam ketawa ini di pelihara dan dikembang biakan sebagai simbol status sosial.

Menurut kepercayaan mereka semakin menarik ayam ini akan semakin tergambar kesuksesan dari pemilik sabung ayam ketawa. Selain itu kita dapat melihat kata jantan dari ayam jantan dari timur ini menggambarkan keberanian, sehingga pemilik ayam ketawa juga tergambar keberanianya melalui ayam ini.

Dibugis ayam ketawa disebut dengan “Manu Gaga” dan termasuk dalam kategori unggas yang di lindungi karena keberadaannya sangat langka atau hampir punah.

 

Habitat Ayam Ketawa

Jenis Ayam ketawa ini habitat aslinya berasal dari Kabupaten Sidrap, sekitar 183 kilometer arah Utara dari Makassar, Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Di Sulawesi sendiri ayam petarung ketawa diternakkan di daerah Baranti, Panca Rijang, Benteng, Simpo Arasi’e. Di daerah tersebut ayam ketawa jantan disebut Lai, sedangkan ayam ketawa betina disebut Birang.

 

Ciri – Ciri Ayam Ketawa Yang Asli

-Ayam ketawa ini, secara fisik, baik perawakan maupun bulunya sangat mirip dengan ayam kampung.

-Perbedaan ayam ini dengan ayam – ayam lainnya adalah Keunikan suara kokok yang terdengar seperti suara ketawa manusia.

-Dalam sekali bertelur, betina produktif bisa menghasilkan rata-rata sebelas sampai 13 telur.

-Berbobot badan ideal 4 ~ 6 Kg pada usia dewasanya.

-Terdapat sebuah jenger panjang yang besar dan berdiri tegak serta berwarna merah darah.

-Memiliki beberapa variasi warna yaitu : putih, kuning , biru dan hijau yang di bedakan berdasarkan jenisnya.

 

6 Jenis Ayam Ketawa

-Bakka yaitu ayam ketawa berwarna dasar putih mengkilap dengan dihiasi dasar hitam, oranye, merah dan kaki hitam atau putih.

-Lapping yaitu ayam ketawa berwarna dasar bulu hitam dan merah hati. Dimana arti kata lapping ini berasal dari dalam bahasa bugis adalah menampung harta, sehingga dipercaya jenis ayam ketawa ini dapat menampung harta.

-Ceppaga yaitu ayam ketawa dengan warna dasar hitam dihiasi bulu hitam dan putih, ditambah dengan bentuk putih di badan sampai pangkal leher serta kaki berwarna hitam atau putih.

-Korro yaitu jenis ayam ketawa yang berwarna dasar hitam dengan dihiasi hijau atau putih dan kuning mengkilap, serta terdapat kaki kuning atau hitam.

-Ijo Buota yaitu ayam ketawa yang memiliki warna dasar hijau dihiasi merah, diselingi warna hitam disayap, serta kaki berwarna kuning.

-Bori Tase’ yaitu ayam ketawa berwarna dasar bulu merah dan dihiasi bintik kuning keemasan.

 

Jenis – Jenis Suara Ayam Ketawa

-Garetek adalah suara kokok dengan interval cepat.

-Gaga adalah suara kokok dengan interval lambat.

-Dodo adalah suara kokok dari ayam ketawa yang mendayu-dayu.

 

Sekian artikel ini kita rangkum untuk anda. Semoga informasi di atas dapat menghibur sekaligus menambah wawasan anda sekalian .

Leave a Reply