Mengenal Ciri Khas Dari Ayam Tolaki Yang Melegenda

October 21st, 2017

ayam tolaki

Sabung Ayam – Di Sulawesi sendiri penghasil ayam petarung tidaklah banyak bahkan hampir tidak ada sama sekali. Kebanyakan ayam yang ada dan dipelihara di sana adalah ayam bangkok, ayam pama, dan ayam burma. Akan tetapi ada salah ayam petarung yang khas dari sulawesi itu sendiri ialah ayam tolaki.

Ayam tolaki adalah ayam yang berasal dari Sulawesi Tenggara dan kebanyakan ayam ini dipelihara oleh masyarakat suku konawe. Awalnya ayam tolaki ini bukanlah seekor ayam petarung melainkan seekor ayam yang berasal dari hutan yang ada di Sulawesi. Seperti yang telah kita ketahui jika ayam tersebut berasal dari hutan maka ayam tersebut pasti akan memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi terhadap lingkungan disekitarnya. Biasanya masyarakat suku konawe menjadikan ayam tolaki ini sebagai ayam persembahan untuk upacara adatnya.

Akan tetapi, ayam tolaki ini belakangan ini sering dijadikan sebagai seekor ayam petarung. Saat ini ayam tolaki ini kebanyakan dipeliharan untuk dijadikan sebagai seekor ayam petarung yang akan bertarung di dalam arena pertarungan sabung ayam.

Berikut di bawah ini adalah ciri khas ayam tolaki yang melegenda, yaitu sebagai berikut:

  • Tubuh Yang Tegap Dan Langsing

Tubuh dari ayam tolaki ini tidaklah besar akan tetapi ayam tersebut tetap memiliki postur tubuuh yang tegap dan langsing. Akibat dari postur tubuhnya yang langsing tersebut inilah yang membuatnya bisa bergerak dengan cepat dan lincah bagaikan kilat. Kemampuan yang seperti itulah yang sering diperlihatkannya di dalam arena pertarungan sabung ayam.

  • Bulunya Seperti Ayam Petarung Pada Umumnya

Untuk bentuk bulunya tidaklah berbeda dengan ayam petarung pada umumnya. Bentuk bulu pada ayam tolaki ini adalah warna kuning yang dipadukan dengan warna hitam dan cokelat dan ada juga beberapa ayam tolaki yang memiliki bulu yang berwarna putih.

  • Jengger Yang Kecil

Ukuran jengger yang dimiliki oleh ayam tolaki ini cenderung lebih kecil dan berwarna merah gelap. Jenggernya juga tidak begitu berbeda dari ayam petarung lainnya.

  • Ekor Yang Panjang Dan Melengkung

Ekor yang dimiliki oleh ayam tolaki ini cukup panjang dan melengkung ke bawah. Apabila dibandingkan dengan ayam petarung jenis lainnya, contohnya seperti ayam bangkok, ekor yang dimiliki ayam tolaki ini sedikit lebih panjang dari ekornya ayam bangkok.

  • Warna Dari Paruh Dan Kaki Yang Berwarna Kuning Cerah

Warna paruh dan kaki yang dimiliki oleh ayam tolaki ini berwarna kuning cerah dari ciri khas yang satu inilah kita bisa mengentahui bahwa ayam tersebut adalah jenis ayam yang berasal dari Sulawesi.

Baca Ini : Ciri – Ciri Khas Yang Hanya Dimiliki Oleh Ayam Pelung

Demikian akhir dari informasi yang dapat kami berikan mengenai mengenal ciri khas dari ayam tolaki yang melegenda, semoga dengan informasi yang dapat kami berikan ini bisa bermanfaat untuk Anda dengan memperdalam wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply