^ Mengenal Ciri-Ciri Ayam Yang Sehat Serta Ayam Yang Sakit ^

December 7th, 2017

Tips Untuk Anda Para Peternak Ayam Dalam Membedakan Ayam Yang Sakit Dan Sehat

Untuk para pembaca setia agen sabung ayam yang telah berternak ayam atau tengah berniat untuk membuka usaha ternak ayam, alangkah baiknya untuk membaca artikel yang satu ini. Dalam kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai bagaimana membedakan ayam yang sehat dengan ayam yang sakit. Tentunya untuk anda yang telah membukan usaha ternak ayam tersebut pernah menemukan ayam anda mendadak mati tanpa terlihat adanya sakit terlebih dulu. Apa kiranya penyebab dari ayam anda tersebut mendadak mati, apakah dikarenakna sakit atau mati dikarenakan mendesak-desak oleh ayam yang lainnya dalam kandang, tentu saja anda pernah bertanya-tanya seperti ini. Pasti anda juga berpikir, adakah cara untuk menyiasati masalah tersebut, nah kali ini admin akan mengupas tuntas seluruh mengenai masalah tersebut.

Pada umumnya memang penyakit yang diperoleh ayam tersebut berasal dari virus, bakter serta jamur atau adanya parasit serta juga kekurangan nutrisi. Maka dari itu ayam anda akan rentan terserang penyakit serta bisa menularkan kepada ayam petarung lainnya yang terdapat didalam kandang.

Sangat banyak sekali artikel yang informasinya dirasa masih kurang begitu lengkap untuk masalah penyakit ayam tersebut, sehingga admin berinisiatif untuk mengupas seluruhnya disini. Sangat banyak para senior ternak ayam yang telah berhasil sukses dikarenakan mereka mampu mengatasi masalah penyakit dalam peternakan mereka. Anda tidak perlu lagi berkhawatir dikarenakan pada saat ini anda sedang membaca sebuah artikel yang tepat untuk cara mengatasi masalah seperti hal tersebut.

 

Bagaimana Cara Membedakan Ayam Yang Sehat Serta Ayam Yang Sakit

 

Ciri Ayam Yang Sakit :

 

* Mata ayam tidak lesu serta jenggernya berwarna cerah.

* Ayam sehat akan selalu terjaga serta waspada dengan yang dilihatnya.

* Aktif gerak (makan, minum, lari, jalan).

* Makan serta minumnya normal.

* Bertelur dengan normal.

* Berbulu halus serta rapi.

* Kotorannya tidak encer/berair.

* Nafasnya tidak terengah-engah.

 

 

Ciri Ayam Yang Sakit :

 

– Mata ayam lesu serta jenggernya berwarna kusam.

– lemas serta seringkali tertidur.

– Tidak ingin makan serta minum.

– Bertelurnya tidak normal atau tidak bertelur sekaligus.

– Bulunya kotor serta berantakan.

– Seringkali tertidur diatas kotorannya.

– Kotorannya basah serta sering terdapat cacing.

 

Baca Juga : Tips Merawat Ayam Ketawa Dari Virus Pilek, Ngorok Serta Lainnya

 

Jika anda menemukan adanya ayam anda yang tidak terlihat cukup sehat dengan ciri yang diatas, maka alangkah baiknya apabila anda memisahkan ayam tersebut ke kandang yang lain. Jika terdapat salah satu dari ayam anda yang mati dalam kandang segeralah membakar habis tubuh ayam yang telah mati untuk mencegah adanya virus yang akan menyebar atau menular dari sisa-sisa bangkai tersebut.

Leave a Reply