Menganalisa dan Menentukan Lawan Ayam Sabung

June 26th, 2017

Menentukan lawan adu merupakan tujuan akhir dari kita merawat ayam petarung kita. Hal ini tahapan terakhir setelah kita merawat, melatih, dan saatnya mempertandingkannya. Untuk memilih lawan, kita sebagai pelatih ayam juga harus hati-hati terhadap lawan yang akan dipilih, karena bisa saja hasil perawatan dan pelatihan yang anda berikan menjadi sia-sia dengan begitu saja.

Seperti yang kita lihat pada pertandingan sabung ayam, banyak sekali hal-hal yang dilupakan oleh para pelatih ketika disaat memilih lawan tandingnya, yang malah menjadi senjata makan tuan. Hal tersebut yang dapat mempengaruhi kekuatan ayam kita dengan lawannya adalah meliput usia, ukuran tubuh dan juga ukuran taji.

Sebuah perbedaan yang terlihat jelas bagi ayam anda terhadap lawannya akan menyebabkan ayam anda akan kehilangan potensi bertarung terbaiknya. Jadi perlu anda pastikan bahwa lawan anda memiliki takaran yang seimbang dengan ayam anda. Apakah tubuh dan beratnya seimbang, ukuran tajinya, usianya juga harus sama. Meskipun anda terpaksa untuk mengadukan ayam anda pun, janganlah dipaksakan dengan lawan yang terlalu jauh selisih dari persyaratan diatas. Karena ukuran tubuh, usia, dan taji dapat mempengaruhi tingginya intimidasi yang diberikan oleh lawan.

Ketika memilih tandingan ayam kita yang tepat, maka anda dapat memenangkan pertandingan tersebut dengan lebih mudah, terlebih lagi bila anda mengenal karakter ayam tersebut. Jadi, bagaimanakah sebenarnya cara untuk mengetahui karakter dari ayam lawan kita ?

Untuk memilih lawan tanding ayam untuk berlaga selain memilih lawan yang seimbang, tidak ada salahnya kita memilih lawan dengan mencari kelemahan mereka, dengan harapan supaya ayam jagoan kita tidak mengalami kesulitan bahkan dengan kelemahan tersebut ayam lawan kita dapat melakukan kesalahan fatal.

Adapun cara menganalisa kekuatan dan kelemahan lawan bisa anda perhatikan seperti berikut:

Jika kelebihan ayam petarung kita mengandalkan pukulan cepat dari depan dan kurang pandai memukul dari samping, maka pilihlah ayam yang mempunyai karakter main atas dengan ciri-ciri seperti badan tegap dan leher berbentuk seperti angka 7 dengan paruh yang melengkung kebawah, tetapi perlu diingat bahwa jangan memilih yang pahanya memiliki bentuk bulat karena kemungkinan besar ayam yang seperti itu memiliki pukulan depan yang bagus.

Jika ayam kita berkarakter suka main atas dan kurang pandai memukul rapat dan bawah maka hindari ayam yang mempunyai leher lurus atau leher yang berbentuk r karena ada kemungkinan ayam tersebut main rapat dan suka main bawah.

Jika ayam kita memiliki karatker serang atas dan bawah dengan menyerang lalu bersembunyi pada sayap lawan, maka carilah tandingan dengan lawan yang memiliki leher berbentuk R atau angka 7 dengan bentuk paha yang bulat, karena kebanyakan ayam seperti itu mempunyai pukulan atas yang kuat tetapi pukulan bawah dan samping yang diberikannya tidak berbahaya.

Ketiga tips diatas merupakan bagaimana cara menganalisa bagi anda ketika akan memilih lawan tanding dari ayam petarung anda. Setiap kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh ayam lawan anda pun dapat menjadi pertimbangan anda disaat sebelum pertandingan sabung ayam akan anda lakukan.

Leave a Reply