Trik Membedakan Anak Ayam Jantan Dan Betina

February 8th, 2017

ayam petarungBuat anda yang sudah lama bergelut di bidang ayam petarung ataupun sabung ayam, ataupun peternak ayam, pasti sudah terbiasa dan tau bagaimana cara membedakan mana yang ayam jantan dan mana yang ayam betina. Nah kali ini saya ingin berbagi tips untuk cara membedakan antara ayam betina dan ayam jantan. Perlu anda ketahui, bahwa ayam betina tidak akan pernah bisa digunakan untuk pertarungan sabung ayam. Begitu juga dengan ayam jantan, tidak akan pernah bisa menjadi ayam petelur. Jadi anda perlu mengetahui tujuan ayam anda apa, dan ayam betina atau jantan yang anda butuhkan.

Mari kita simak bersam
a-sama.

Cara Pertama : cara yang praktis dan simple yang sudah biasa dilakukan untuk ayam bangkok aduan: Berdasarkan beda suara atau bunyi ciap. Kalau dielus atau dipegang, ketebalan atau ketegasan garis jengger, panjang atau pendek nya badan ayam, ketajaman sorot matanya, kuping telinga, kekuatan dan ketegapan tubuh, cepat atau lambat tumbuh bulu ekor, kegelian dan sifat dominan.

Cara Kedua : Memegang akan ayam secara terbalik dengan memegang kedua kakinya. Apabila kita perhatikan saat anak ayam diterbalikkan, ada anak ayam yang diam dan juga ada ayam yang memberontak dengan cara mengepakkan sayapnya. Ayam yang diam ini berarti jenis kelaminnya jantan dan ayam yang memberontak ini berarti ayam betina.

Cara Ketiga : kedua jari kita menarik kulit dari bagian leher anak ayam petarung itu dan mengangkatnya. Apabila anak ayam petarung itu meronta dan berontak, artinya anak ayam itu berjenis kelamin betina. Kalau anak ayam petarung tersebut cuma diam aja artinya anak ayam itu jantan.

Cara Keempat : Letakkan anak ayam petarung anda di tanah atau lantai kemudian senggol-senggol kepalanya dengan jari kita lalu tekan badan nya sampai ayam terduduk di lantai. Apabila dia mengepakkan sayapnya dan memberontak berarti itu adalah betina. Ayam jantan tidak akan memberontak.

Cara Kelima : Balikkan anak ayam tersebut di atas telapak tangan anda. Kita perhatikan anak ayam itu saat dibalikkan, ada ayam yang berusaha melawan dan ada pula yang cuma terdiam. Anak ayam yg mencoba melawan itu bisa disimpulkan berkelamin betina dan seperti yang diatas, apabila anak ayam itu diam berarti dia adalah jantan.

Sekian penjelasan singkat dari kami, semoga bermanfaat dan berguna untuk dikemudian hari.

 

 

Leave a Reply