Memahami Beberapa Hal Dalam Proses Kawin Silang Ayam Petarung

November 5th, 2017

ayam petarung

Memahami Beberapa Hal Dalam Proses Kawin Silang Ayam Petarung

Sabung Ayam – Yang namanya kawin silang dalam dunia pembibitan ayam petarung merupakan hal yang sangat normal dan bukanlah rahasia umum lagi bagi para pecinta ayam petarung. Dengan melalui proses ini, sang peternak berusaha agar bisa menciptakan suatu jenis ayam petarung terbaru dengan memiliki keunggulan dari dua jenis ayam petarung yang menjadi induknya. Hingga saat ini, kawin silang masih kerap dilakukan dan dibudidayakan secara terus menerus karena bila diteliti lagi masih banyak rahasia yang ada pada proses ini.

Melakukan pengkawinan silang pun sebenarnya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena bila anda salah dalam memilih induknya, yang dikhawatirkan adalah bukannya kelebihan induk ayam tersebut yang akan mengalir kepada calon bibitnya, tetapi kekurangan-kekurangan malahan yang akan terjangkit oleh bibit tersebut. Sehingga dengan seiring berjalannya waktu, para peternak selalu mencari kesimpulan seperti apa seharusnya untuk mengkawinsilangkan ayam petarung.

Dan dari beberapa kesimpulan yang didapat bahwa faktor jenis dari ayam petarung sangat berpengaruh terhadap hasil dari bibit yang dihasilkan. Bila anda memiliki ayam petarung jenis tertentu, maka sebaiknya anda kawinkan dengan ayam petarung yang memiliki kualitas di atas dari ayam tersebut. Karena dengan begitulah nantinya hasil penggabungan dari gen yang akan tercipta pun akan menjadi didominasi dengan kelebihan dari induk yang berkualitas baik tersebut.

Bibit yang tercipta akan memiliki kualitas unggulan dan bahkan bisa menjadi calon juara sabung ayam yang tinggi bila nantinya diberikan perawatan dan latihan yang memadai. Tidak lupa untuk memberikan vitamin tambahan sehingga membuat pertumbuhan ayam dan potensi ayam pun menjadi semakin meningkat dan pesat.

Lalu bila anda bertanya, apa saja kira-kira jenis ayam petarung yang cocok untuk dijadikan pilihan anda dalam melakukan proses kawin silang antar ayam ? Maka jenis-jenis ayam seperti ayam bangkok, ayam saigon, ayam filipina, ayam shamo dan ayam brazil dapat anda jadikan beberapa pilihan anda mengingat ayam-ayam tersebut memiliki kualitas yang cukup tinggi dan bahkan ayam bangkok diakui sebagai ayam petarung terbaik.

Leave a Reply