Lima Hal Yang Wajib Anda Berikan Pada Ayam Petarung Anda

December 28th, 2017

Lima Hal Yang Wajib Anda Berikan Pada Ayam Petarung Anda

Lima Hal Yang Wajib Anda Berikan Pada Ayam Petarung Anda

 

Lima Hal Yang Wajib Anda Berikan Pada Ayam Petarung Anda

 

Sabung Ayam – Memiliki dan memilihara ayam petarung bukan hanya sekedar kita mempertarungkan ayam tersebut hingga menjadi juara. Sebelum ayam anda dapat menjadi juara, setidaknya terdapat 5 macam hal yang harus anda penuhi terlebih dahulu terhadap ayam tersebut.

Bila anda seorang peternak senior, maka kelima macam hal tersebut pasti sudah anda berikan kepada ayam anda. Tetapi bagi peternak pemula, hal ini wajib sekali anda ketahui untuk anda berikan kepada ayam anda. Karena tanpa kelima hal ini, sulit rasanya untuk bisa mewujudkan diri anda untuk bisa memiliki ayam ayam petarung juara.

Jadi, apa sajakah ke-lima hal tersebut yang wajib anda berikan kepada ayam petarung anda ?

1. Hal Pertama : Pakan

Yang namanya kehidupan pasti akan selalu membutuhkan konsumsi. Sama juga seperti ayam petarung yang membutuhkan pakan (konsumsi) untuk bisa tumbuh berkembang. Ayam yang mendapatkan pakan terbaik akan dapat tumbuh berkembang dengan lebih cepat dan pesat. Memiliki tubuh yang sehat dan kuat merupakan fungsi utama dari pemberian pakan bagi ayam. Ayam yang mendapatkan pakan dengan nutrisi tinggi yang berimbang akan memiliki tubuh kuat dan lebih kebal dari penyakit.

2. Hal Kedua : Kandang

Bila pada biasanya kita sering membiarkan ayam kampung kita untuk hidup di lingkunga sekitar, maka jangan lakukan ini pada ayam petarung. Karena ayam petarung memiliki fungsi dan nilai yang lebih tinggi daripada ayam kampung. Tempatkan ayam anda pada kandang yang bersih dan nyaman bagi sang ayam sehingga membuatnya dapat beristirahat dan bersantai dengan nyaman. Berbagai ancaman luar seperti peculikan, hama, kondisi lingkungan, dan berbagai hal lainnya dapat mengancam ayam anda.

3. Hal Ketiga : Mandi

Memberikan perawatan mandi merupakan sebuah perawatan ekstra bagi ayam. Karena melalui hal ini, ayam dapat membersihkan tubuhnya dari kuman-kuman ataupun benda yang berbahaya. Selain itu, efek dari memandikan ayam juga membuat ayam menjadi lebih segar dan terhindari dari penyakit.

4. Hal Keempat : Vitamin

Vitamin merupakan bagian yang dibutuhkan ayam selain daripada pemberian pakan. Kita tahu bahwa untuk menghasilkan ayam petarung yang dapat menjadi juara pada pertandingan sabung ayam akan membutuhkan usaha. Itulah sebabnya pemberian vitamin ini akan semakin menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh dari ayam kita. Vitamin dapat diberikan dengan rutin sesuai dengan kebutuhan sang ayam.

5. Hal Kelima : Imunisasi dan Obat

Penyakit bisa saja menyerang ayam kesayangan kita tanpa memandang bulu. Ayam petarung yang sudah bisa menjadi juara berkali-kali bisa saja langsung kehilangan nyawanya bila ternyata tubuhnya lemah terhadap penyakit. Itulah sebabnya penting sekali pemberian imunisasi pada ayam agar membuatnya menjadi lebih kebal dari penyakit. Dalam kondisi terdesak, maka obat pun harus kita berikan pada ayam kita agar bisa sesegera mungkin sembuh dan kembali sehat.

Baca juga : Bibit Ayam Petarung Yang Dihasilkan Oleh Ayam Petarung Juara

 

Jadi setelah anda membaca bacaan di atas ini, kami harapkan agar anda bisa menghasilkan ayam petarung yang berkualitas. Selanjutnya anda hanya tinggal memberikan latihan dan perawatan lainnya hingga ayam akan menjadi juara nantinya.

Leave a Reply