Langkah Untuk Menjaga Kesehatan Ayam Anda Agar Selalu Sehat Dan Bugar

August 23rd, 2017

Memiliki ayam petarung yang sehat dan bugar merupakan hal yang selalu diinginkan oleh para pecinta ayam petarung, terlebih lagi ayam tersebut nantinya akan mengikuti pertandingan penting seperti sabung ayam.

Untuk membuat ayam menjadi selalu sehat dan bugar dapat dilakukan dengan berbagai langkah, seperti :

1. Anda dapat memberikan ayam petarung anda jenis pakan yang cocok dengan ayam anda. Jenis pakan yang cocok yang dimaksut adalah dengan melihat umur ayam anda dengan jenis pakan yang akan diberikan tersebut.

2. Anda dapat memberikan ayam anda berbagai macam supplemen alami yang dapat anda buat menggunakan campuran herbal yang anda tumbuk ataupun daging yang memiliki khasiat bagi tubuh ayam.

3. Anda bisa memberikan vaksin ke ayam anda secara rutin, setidaknya dua hingga satu bulan sekali. Vaksin yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit yang bisa saja menyerang kesehatan sang ayam.

4. Anda perlu untuk memandikan ayam anda secara rutin setiap dua hari sekali. Memandikan ayam dapat memiliki manfaat menyegarkan tubuh ayam serta membersihkan dari kuman-kuman yang hinggap di tubuh ayam petarung anda.

5. Anda perlu untuk membersihkan kandang yang ayam anda tempati. Bersihkanlah dengan dibilas atau disapu. Kotoran-kotoran yang ada pada kandang perlu dibersihkan setiap kalinya anda bersihkan. Karena penumpukan kotoran ayam dapat menyebabkan kandang menjadi bau dan lembab. Kadang yang bau dan lembab dapat memicu berbagai macam penyakit yang mematikan bagi ayam petarung anda.

6. Anda harus menjaga pola latihan yang anda berikan kepada ayam anda. Berikan latihan yang berimbang sehingga nantinya memiliki postur tubuh yang sempurna dilengkapi pula dengan tubuh yang sehat.

7. Anda harus bisa memisahkan antara ayam yang sehat dengan ayam yang sakit, sehingga nantinya tidak tertular oleh penyakit yang diderita ayam sakit tersebut.

8. Anda perlu mengkawinkan ayam petarung anda. Seekor ayam jantan akan menjadi lebih percaya diri dan sehat apabila dapat memiliki kegiatan berkembang biak yang tepat. Selain itu dengan mengkawinkan ayam anda, anda dapat meneruskan keturunan ayam petarung anda yang nantinya dapat dijadikan unggulan dalam pertandingan sabung ayam mendatang.

Leave a Reply