Langkah Ampun Mencegah Dan Melindungi Ayam Petarung Anda Dari Ngorok

September 8th, 2017

Ngorok merupakan salah satu jenis penyakit yang sering hadir pada seluruh jenis ayam, termasuk pula ayam petarung yang sangat anda sayangi tersebut. Hal yang menimbulkan penyakit ini adalah karena produksi lendir yang berlebihan hingga menyerang bagian pernafasan pada ayam petarung anda. Berbagai macam jenis bakteri nantinya tentu akan dapat dengan mudah menyerang kekebalan tubuh ayam petarung anda hingga membuatnya dapat dengan mudah untuk jatuh sakit. Maka dari itu, sebagai seorang pecinta ayam petarung, anda harus bisa mengetahui apa saja langkah yang tepat untuk bisa mencegah dan juga menghindari hal tersebut terjadi pada ayam-ayam petarung anda. Seperti apa caranya dapat anda temukan di bawah ini :

1. Anda dapat mengkarantina ayam petarung anda yang telah jatuh sakit terserang ngorok. Tindakan ini sangat harus anda lakukan agar tidak tertular dengan ayam petarung lainnya yang masih dalam keadaan sehat hingga tidak pula tertular kemudiannya. Berikan jarak sekitar 20 meter untuk penempatan ayam yang terkena ngorok.

2. Mengatur jumlah ayam sangatlah penting, maka dari itu anda harus dapat mengatur jumlah ayam petarung anda dalam satu kandang. Hal ini tentu perlu diperhatikan karena saat anda terlalu banyak menempatkan ayam petarung anda dalam sebuah kandang ataupun arena sabung ayam, maka nantinya ayam-ayam tersebut akan mengalami perebutan oksigen. Jadi hindarkan hal itu agar bisa terjaga dari penyakit ngorok.

3. Pengaturan jenis pakan merupakan tugas pokok bagi diri anda. Karena pakan yang diberikan pada ayam petarung tentunya harus sesuai dengan usia dan fungsinya. Jadi pemberian pakan yang tidak cocok akan bisa menimbulkan atau menyebabkan ayam menjadi ngorok karena tidak dapat dicerna dengan baik.

4. Kebersihan kandang adalah hal yang sangat wajib sekali anda jaga. Pastinya setiap kandang yang bersih akan membuat ayam petarung anda menjadi lebih sehat dan terjaga dari serangan berbagai penyakit, terutama bakteri-bakteri yang terkandung dalam kotoran-kotoran tersebut.

5. Membatasi ruang gerak ayam pada saat kondisi cuaca yang tidak baik merupakan suatu hal yang tidak boleh anda lupakan. Mengingat di Indonesia terdapat musim panas dan hujan, maka anda perlu memastikan bahwa nantinya ayam petarung anda tidak terkena hujan ataupun udara panas yang dikirim melalui angin yang kuat.

Leave a Reply