Lakukan Perenggangan Ini Sebelum Melatih Ayam Petarung Anda

September 22nd, 2017

Sabung ayam – Melatih ayam petarung yang anda miliki merupakan sebuah kewajiban bagi setiap peternak ayam petarung agar dapat menghasilkan ayam petarung yang berkualitas. Tentunya dengan latihan tersebut diharapkan dapat membuat ayam memiliki fisik yang sempurna dan kemampuan bertarung yang tinggi pula.

Untuk itulah penting pula bagi kita untuk bisa mengetahui bagaimana pula kondisi tubuh ayam anda. Apakah ayam tersebut siap untuk diberikan latihan atau tidak ? Apabila tidak, maka tundalah pemberian latihan, namun bila ayam tersebut siap, maka terdapat satu hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu sebelum benar-benar memberikan latihan kepada ayam petarung tersebut.

Perenggangan tubuh merupakan sebuah hal yang sangat penting sekali untuk diberikan kepada ayam petarung anda. Bukan hanya dapat membuat ayam menjadi lebih siap ketika mengikuti pertandingan sabung ayam, namun juga perenggangan dapat membuat ayam menjadi lebih rileks dan tidak kaku disaat sedang berlatih. Saat ayam kaku bukan hanya dapat mengganggu latihan, namun kadangkala hal tersebut juga dapat menyebabkan timbulnya permasalahan pada bagian otot-otot yang dimiliki oleh ayam tersebut.

Untuk itulah sebaiknya anda dapat melakukan perenggangan pada tubuh ayam dengan cara tertentu pada bagian-bagian tubuh ayam, yaitu :

1. Anda dapat melakukan perenggangan pada bagian leher ayam. Caranya dilakukan dengan memutarkan leher ayam anda ke bagian kiri dan kenan ke arah 90 derajat. Lakukan hal ini selama 20 kali ke masing-masing arahnya agar leher ayam menjadi lebih rileks dan tidak kaku.

2. Kemudian anda dapat merenggangkan bagian tubuh ayam dengan memijat tubuh ayam petarung anda terlebih dahulu kemudian tubuhnya anda putar ke kiri dan kanan juga ke arah 90 derajat sebanyak 20 kali (sama dengan leher). Dengan perenggangan ini bisa membuat tubuh ayam menjadi tidak monoton dan pernafasannya pun menjadi lebih lancar.

3. Selanjutnya anda merenggangkan bagian sayap ayam dengan cara mengangkat sayapnya ke arah atas lalu di turunkan kembali hingga merapat ke tubuhnya. Lakukanlah hal ini selama 20 – 30 kali juga agar ayam dapat lebih kuat untuk menyeimbangkan tubuhnya dengan menggunakan sayapnya.

4. Lalu yang terpenting adalah memberikan pemasanan pula pada bagian kakinya. Hal ini dapat dengan mudah anda lakukan, yaitu dengan cara mengangkat tubuh ayam dengan jarak 10cm saja dari permukaan tanah lalu dilepaskan.

Seperti itulah kiranya perenggangan dan pemanasan yang dapat anda berikan kepada ayam petarung kesayangan anda. Pastikan pula tidak ada hal yang terjadi ketika anda mempersiapkan ayam anda untuk dipertarungkan dalam arena sabung ayam. Jangan sampai karena otot ayam anda mengalami gangguan ketika anda lalai untuk merenggangkan tubuh dari ayam tersebut.

Leave a Reply