Khasiat Yang Bisa Didapatkan Dari Mengkudu Untuk Ayam Petarung

October 1st, 2017

Mengkudu

Sabung Ayam – Khasiat yang bisa didapatkan dari mengkudu untuk ayam petarung adalah untuk mengobati penyakit ngorok, ayam yang malamen dan mencegah kurap. Ketiga jenis penyakit ini sudah diakui banyak orang sering menyerang ayam petarung. Di dalam mengobati ayam yang malamen adalah dengan cara mencampurkan buah mengkudu, jahe, gula merah setelah itu ditumbuk, lalu jika sudah siap ditumbuk Anda bisa menyuapkannya kepada ayam yang malamen tersebut. Pemberian mengkudu ini sebaiknya diberikan pada pagi hari dan sore hari selama 1 minggu.

Jika Anda ingin mencegah penyakit kurap yaitu setelah ayam petarung sudah selesai bertarung, maka Anda bisa mengoleskan mengkudu yang sudah Anda tumbuk ini pada luka – lukanya. Karena di dalam buah mengkudu ini mengandung zat anti oksidan, anti bakteri, nutrisi, selain itu juga bisa memperlancar peredaran darah pada ayam petarung Anda.

Penyakit ngorok atau CRD (Chronic Respiratory Disease) pada ayam petarung Anda adalah sebuah penyakit yang sangat berbahaya karena bisa menular pada ayam yang ada disekitarnya serta bisa juga menyerang pernafasan pada ayam sehingga menyebabkan kronis. Faktor penyebab terserangnya penyakit ini berasal dari lingkungan dan perubahan cuaca.

Berdasarkan beberapa informasi yang berhasil diterima, mengatakan bahwa munculnya penyakit ngorok ini adalah kurang bersihnya saat Anda membersihkan air liur pada ayam petarung yang baru selesai bertarug dan akhirnya menyumbat saluran pernafasan. Hal ini menunjukkan bahwa organ pernafasan pada ayam tersebut sudah mengalami gangguan atau kerusakan. Penularan penyakit ngorok bisa juga melalui kontal langsung seperti ketika induk ayam sedang menyuapi anaknya ataupun dari keturunannya.

Ada juga menurut beberapa ahli yang mengatakan bahwa penyakit ngorok diakibatkan oleh kompilasi bakteri Mycoplasma Gallisepticum yang merupakan bakteri yang memiliki predileksi di kantung udara yang minim pembuluh darahnya. Sedangkan penularan secara tidak langsung adalah melalui makanan atau dari minuman, makanan dan minuman serta lingkungan yang tidak sehat bisa membuat ayam petarung Anda menjadi tidak sehat dan mudah untuk diserang oleh berbagai macam penyakit. Karena itulah menjaga kebersihan kandang ayam petarung Anda dan sekitarnya merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam mencegah penyebaran penyakit.

Gejala penyakit ngorok adalah bersin dan batuk, susah bernafas serta bunyi ngorok karena hidung lembab dan basah serta berlendir. Akibatnya ayam petarung akan susah untuk bernafas, aktivitas sehari – hari pun menjadi menurun. Untuk mengobati penyakit ini Anda bisa mencampurkan buah mengkudu dan jahe yang lalu ditumbuk dan setelah itu Anda bisa menyuapkan kepada ayam petarung yang sakit tersebut pada pagi dan sore hari, lakukan proses pengobatan ini selama 2 hari dan lihat efeknya setelah 2 hari kemudian.

Baca Ini : Tips Dan Cara Mengobati Sakit Mata Pada Ayam Petarung

Sekian dari informasi yang bisa kami sampaikan mengenai khasiat yang bisa didapatkan dari mengkudu untuk ayam petarung, semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda serta bisa untuk memperluas wawasan Anda mengenai dunai sabung ayam.

Leave a Reply