Khasiat Rumput Teki Untuk Ayam Bangkok Yang Harus Anda Ketahui

September 23rd, 2017

Sabung Ayam – Ayam petarung seperti ayam bangkok tentu saja memiliki tenaga dan stamina yang kuat dan besar. Daya tahan tubuh yang dimiliki ayam bangkok juga sangat kuat sehingga menjadikannya untuk tidak mudah jatuh sakit.

Menjaga atau merawat ayam bangkok supaya selalu berada di dalam kondisi prima tentu saja menjadi impian semua para pecinta sabung ayam yang ada di seluruh dunia. Karena ayam petarung yang gampang terjangkiti penyakit tentu saja akan mempengaruhi stamina dan kemampuan bertarungnya nantinya.

Supaya ayam bangkok Anda selalu sehat, maka pola makan yang teratur dan pemulihan setelah bertarung merupakan hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Biaya perawatan ayam bangkok tidak harus mahal untuk membuatnya selalu berada di dalam kondisi sehat.

Terdapat beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan dengan bahan – bahan alami yang bisa Anda temukan di sekitar Anda. Menurut riset yang dilakukan, mengatakan bahwa rumput teki sangatlah berguna untuk menjaga ayam bangkok kesayangan Anda tetap dalam berada kondisi yang sehat dan juga prima.

Tahukah Anda, bahwa rumput teki yang biasa kita kenal dengan rukut teki atau rukut wuta merupakan rumput dengan batang segitiga. Usia dari rumput ini bisa mencapai usia 10 tahun dan bisa tumbuh setinggi 75 cm.

Rumput teki ini biasanya bisa Anda dapatkan di kebun, ladang atau tempat lain dengan ketinggian yang kurang lebih 100 meter diatas permukaan laut. Rumput teki ini tumbuh di alam liar di daerah yang sedikit lembab.

Rumput teki ini sangat mudah untuk dikenali karena ujung tunasnya memiliki warna kuning serta berbentuk seperti bulir dan berkelompok menjadi satu seperti sebuah payung. Rumput teki mengandung zat yang sangat berkhasiat di dalam bagian akarnya, diantaranya adalah:

  • Alkaloid, flavonoid, glikosida dan minyak menguap sampai dengan 1% dengan isi yang bervariasi tergantung dari lokasi tumbuhnya.
  • Ekstrak minyak yang bisa diperoleh melalui umbi rumput teki tersebut memiliki kandungan yang banyak paling tidak ada 27 zat senyawa seperti seskuiterpen, hidrokarbon, epoksida, alifatik alkohol dan masih banyak zat lainnya yang masih belum bisa diidentifikasi.
  • Umbi dari akar rumput teki yang sangat berguna untuk mendukung kesehatan ayam bangkok tersebut. Dengan pemberians secara rutin, maka ayam bangkok Anda akan menjadi lebih bugar dan berada di dalam kondisi yang selalu prima.

Cara pemberian rumput teki ini seperti pemberian jamu kepada ayam bangkok pada umumnya dengan cara ditumbuk dan disuapkan kepada ayam bangkok Anda. Berikan sehari sekali dengan ukuran sebesar gundu atau kelereng atau Anda bisa merebusnya di dalam air yang mendidih dan setelah rebusan tersebut sudah dingin, maka Anda bisa memberikan kepada ayam bangkok Anda untuk diminumnya.

Rumput teki juga berguna sebagai obat kurap atau kutil pada ayam bangkok, dengan cara juga ditumbuh dan ditempelkan pada bagian yang terinfeksi tersebut. Lakukan cara pengobatan ini berulang kali sampai terlihat sudah meredah atau sudah sembuh.

Baca Ini : Tips Mengetahui Ayam Petarung Yang Berkualitas Melalui Kriteria Matanya

Sekian dari informasi yang bisa kami sampaikan mengenai khasiat rumput teki untuk ayam bangkok yang harus Anda ketahui, semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda serta bisa untuk memperluas wawasan Anda mengenai dunia sabung ayam.

Leave a Reply