Khasiat Alami Bawang Putih Untuk Ayam Aduan

June 27th, 2017

 

Bawang putih (Allium sativum) adalah nama tanaman dari genus Allium yang merupakan jenis dari umbi – umbian. Bawang putih mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama di bagian Asia Tengah.

 

Bawang putih dapat digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Menurut terapis kesehatan dengan rutin mengunyah 1 sampai 2 siung bawang putih setiap hari dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan.

 

Ternyata tidak hanya untuk manusia Bawang puith juga dapat membantu kita menjaga kesehatan ayam petarung dan mengobati beberapa penyakit pada ayam aduan. Mari kita simak informasi berikut ini.

 

Ciri Fisik Bawang Putih

 

Ciri – Ciri Tanaman Bawang Putih

-Merupakan tumbuuhan terna yang berdiri tegak.

-Tinggi dapat mencapai 30-60 cm.

-Memiliki akar yang serabut.

-Pada ujung pangkalnya memiliki umbi atau siung.

-Pada umbi atau pada siungnya di lapisi oleh sebuah lapisan sisik pada bagian luarnya.

-Ada beberapa yang memiliki bunga, namun ada pula yang tidak memiliki bunga.

-Bunga-bunga tersebut berwarna merah jambu.

 

 

Kandungan Nutrisi Per 100 Gram Bawang Putih

 

Nilai Kandungan Gizi Bawang Putih Mentah per 100 g (3.5 oz)

 

-Energi 623 kJ (149 kcal)

-Karbohidrat 33,06 g

-Gula 1.00g

-Diet serat 2,1 g

-Lemak 0,5 g

-Protein 6,39 g

-Beta-karoten 5 mg (0%)

-Thiamine (Vit. B1) 0,2 mg (15%)

-Riboflavin (Vit. B2) 0,11 mg (7%)

-Niacin (Vit. B3) 0,7 mg (5%)

-Asam pantotenat (B5) 0,596 mg (12%)

-Vitamin B6 1,235 mg (95%)

-Folat (B9 Vit.) 3 mg (1%)

-Vitamin C 31.2 mg (52%)

-Kalsium 181 mg (18%)

-Zat Besi 1,7 mg (14%)

-Magnesium 25 mg (7%)

-Fosfor 153 mg (22%)

-Kalium 401 mg (9%)

-Sodium 17 mg (1%)

-Seng 1,16 mg (12%)

-Mangan 1,672 mg

-Selenium 14.2 mg

 

Kegunaan Bawang Putih Untuk Ayam Aduan

 

Meningkatkan ketahanan tubuh

Saat pergantian musim tentu ketahanan tubuh ayam juga berbeda-beda dikarenakan perubahan suhu yang kadang berubah-ubah secara ekstrim. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh akibat cuaca. Pemberian bawang putih dapat menambah suhu tubuh. Allicin yang terkandung didalam bawang putih ini merupakan senyawa dengan anti jamur. Ini menyebabkan ayam menjadi tahan terhadap serangan bakteri maupun virus. Bawang putih juga dapat mengobati  flu pada ayam. Memperbaiki atau mengobati bagian tubuh ayam yang luka

 

Mengobati sakit pada telinga

Pastinya penyakit pada telinga sabung ayam ini memang sangat sulit dikenali sebab karena jarangnya dijumpai penyakit pada telinga. Pemberian air perasan bawang putih pada telinga dapat menurunkan ayam yang stress akibat suara berisik.

 

Mengurangi diare

Ternyata bawang putih bisa untuk mengobati ayam mencret. Ayam yang sedang dalam mengalami diare karena beberapa faktor seperti cuaca dll, memberi bawang putih pada ayam untuk membuat agar kotoran tidak encer. Dengan ayam mengkonsumsi bawang putih maka sistem pencernaan akan lancar.

 

Menyembuhkan korep

Bawang putih sudah terbukti memiliki khasiat anti radang, karena mampu melawan infeksi dan bakteri maupun jamur. Untuk pengobatan korep, dapat dengan cara merendam bagian tubuh yang terserang korep kedalam air hangat yang sudah dicampur dengan cincangan bawang putih. Bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh jamur.

 

Meredakan nyeri Dan mempecepat penyembuhan luka

Setelah melakuakan sabung ayam sebaikan segeralah hancurkan bawang putih mentah kemudian kompreskan pada bagian – bagian yang sedang terluka. Bawang putih akan meredakan nyeri dan Bawang putih juga merupakan anti-bakteri yang baik. Sehingga luka akan lebih cepat sembuh.

 

Sekian artikel ini kita rangkum untuk anda. Semoga informasi di atas dapat menghibur sekaligus menambah wawasan anda sekalian .

Leave a Reply