Keunggulan dan Kelemahan Dari Ayam Petarung Jenis Betet

January 21st, 2018

Keunggulan dan Kelemahan Dari Ayam Petarung Jenis Betet

Keunggulan dan Kelemahan Dari Ayam Petarung Jenis Betet

 

Keunggulan dan Kelemahan Dari Ayam Petarung Jenis Betet

 

Sabung Ayam – Pernah mendengar yang namanya ayam betet ? Mungkin bagi sebagian dari anda yang membaca ini belum pernah mendengarnya. Namun, bagi mereka yang merupakan pecinta ayam pasti akan pernah mendengar nama dari salah satu ayam petarung yang khas di Indonesia ini.

Ayam petarung jenis ini dapat dengan mudah anda temukan saat anda mengunjungi pulau Bali. Ayam jenis ini merupakan jenis ayam yang sering dipergunakan oleh masyarakat sana untuk kegiatan adat ataupun sabung ayam. Sehingga ayam jenis ini dapat anda temukan dengan mudah bila anda sedang berlibur ke pulau Bali tersebut.

Untuk itulah kita akan menjelaskan apa saja yang merupakan keunggulan dan juga kekurangan dari ayam petarung jenis ini bila dipertarungkan. Berikut penjelasannya!

A. Keunggulan Ayam Betet

Ayam betet saat dijadikan ayam petarung memiliki keunggulan utama pada sisi kecepatannya. Karena tubuh ayam betet ini memiliki postur yang ramping seperti ayam Filipina. Inilah yang menyebabkan ayam ini memiliki keunggulan utama di bidang kecepatan geraknya. Melalui kecepatan yang dimilikinya, ayam ini akan dapat melancarkan serangan cepat ke arah tubuh lawannya tanpa sepersiapan lawan. Sehingga bila ayam ini memiliki taji yang panjang dan tajam, maka lawan yang terkena serangan tersebut bisa saja langsung merengang nyawa saat berada di arena sabung ayam.

Selain daripada itu, ayam ini juga memiliki pemikiran yang cerdik ketika bertarung dan juga sifatnya yang agresif. Meskipun tubuhnya kecil, hal ini tidak serta merta membuat mental ayam ini kecil. Buktinya ayam ini berani berhadapan dengan ayam apapun yang ditemuinya tanpa gentar. Gaya bertarung yang digunakan ayam ini bisanya gaya bertarung yang cepat

B. Kekurangan Ayam Betet

Tidak ada yang sepenuhnya sempurna di dunia ini, termasuk pula ayam betet ini. Ayam jenis ini memiliki kekurangan dimana bila kita lihat ukuran tubuhnya yang kecil ini, maka tentu saja pertahanan tubuhnya tergolong rendah. Sehingga dengan begitu bila ayam ini bertarung dengan ayam tipe petarung berat seperti Ayam bangkok, maka ayam ini dapat langsung roboh hanya dengan melalui satu tendangan saja. Inilah yang perlu diperhatikan oleh para pemiliknya dalam memilih calon lawan ayam petarung.

Selain itu, karena ayam ini jenis petarung cepat, maka tentu saja staminanya juga akan cepat terkuras. Bila ayam ini melakoni pertandingan dengan ayam yang dapat bertahan dari keagresifan serangan ayam ini, maka hal ini akan menjadi bumerang bagi ayam betet. Karena stamina ayam ini akan begitu saja dikeluarkannya pada saat ayam ini mulai memanuver serangan agar dapat mengalahkan lawannya secepat mungkin. Namun, bila gagal, maka besar kemungkinan ayam ini akan kalah dalam pertandingan.

 

Baca juga : Memahami Bagaimana Ayam Petarung Jagoan Asli Dapat Terbentuk

 

Itulah penjelasan mengenai keunggulan dan kekurangan pada ayam petarung jenis betet. Semoga dengan informasi yang anda dapatkan saat ini akan menambah ilmu dan pengetahuan anda tentang ayam betet ini dengan benar.

Leave a Reply