Ketahui Perbedaan Ayam Bankok Asli Dan Aspal

July 3rd, 2017

Pada umumnya ayam bangkok yang lebih sering menang dalam pertarungan adalah ayam bangkok asli. Jadi bagaimankah caranya membedakan asli dan palsu?

Hingga saat ini ayam bangkok tetap berada di posisi teratas sebagai rajanya ayam laga. Ayam bangkok pada dasarnya memiliki tubuh dan mental tarung yang benar-benar kuat. Itulah ayam bangkok yang asli menurut para penggemar sabung ayam.

Dalam dunia sabung ayam, ternyata ada istilah ayam bangkok palsu. Justru yang palsu inilah yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Hal ini seperti yang dicatat dari beberapa penggemar sabung ayam senior dan agen sabung ayam baru-baru ini.

Menurut mereka yang disebut ayam bangkok palsu adalah ayam bangkok peranakan. Karena akan terlihat jelas bahwa ayam bangkok asli memiliki kemampuan yang berbeda dari ayam bangkok palsu. Ayam bangkok asli memiliki stamina dan daya tahan yang sangat baik serta pukulannya lebih tepat terarah dibandingkan dengan ayam bangkok palsu.

Banyak pengertian ayam bangkok asli dan palsu. Ada yang menyatakan ayam bangkok asli adalah hasil perkawinan antara turunan ayam bangkok impor yang lahir di Indonesia, sedangkan yang palsu adalah peranakan atau blasteran antara ayam bangkok asli dengan ayam petarung lokal Indonesia.

Menurut pengalaman para peternak yang sudah lama menggeluti dunia ternak ayam bangkok mengatakan ayam bangkok asli adalah ayam bangkok yang diimpor/didatangkan dari Bangkok, Thailand daerah asalnya.

Yang palsu atau peranakan adalah hasil kawin silang antara ayam jantan bangkok asli dengan ayam betina kampung / ayam betina lokal kita ataupun sebaliknya. Namun, sekarang ini pengertian yang kedua inilah dianut oleh para penggemar sabung ayam.

Dalam laga ayam saat ini, tidak dipersoalkan lagi ayam bangkok ataupun ayam peranakan yang berlaga. Yang penting memiliki kemampuan dalam berlaga. Hal itu sebenarnya dipengaruhi oleh harga ayam bangkok asli yang mahal, sehingga tidak semua peternak maupun pemain sabung ayam dapat memilikinya.

1. Berikut ini akan dijelaskan ciri utama yang membedakan ayam bangkok asli dengan yang palsu:Jika dilihat sekilas, ayam bangkok asli sangat mirip dengan yang palsu. Namun sebenarnya jika diamati dengan cermat, perbedaannya mudah untuk diketahui. Satu-satunya yang membedakan adalah sifatnya. Yang asli merupakan ayam petarungyang sangat gigih, bermental tarung yang kuat.

2. Ciri utama yang membedakan adalah bulu-bulu halus berwarna kuning yang tumbuh pada ayam bangkok asli dan tidak akan didapati pada ayam bangkok palsu/peranakan. Bulu-bulu halus kuning itu disebut kemin. Walaupun pada masa ayam bangkok mengalami kerontokan bulu, bulu kemin ini tetap ada. Inilah ciri utama yang membedakan ayam bangkok asli dengan yang palsu.

Leave a Reply