Ketahui Perawatan Yang Berdampak Baik Dan Buruk Bagi Ayam Petarung

September 14th, 2017

Agar anda bisa memaksimalkan pertumbuhan ayam petarung anda, anda sebaiknya perlu mempertimbangkan pemberian perawatan-perawatan tertentu yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Perlu di perhatikan, bahwa setiap perawatan pada ayam petarung ada yang bermanfaat namun tentu juga ada yang berdampak negatif kepada ayam tersebut.

Sebagai awalnya, disini kita akan menjelaskan perawatan-perawatan apa saja yang berdampak baik pada ayam petarung anda :
1. Pemberian pakan yang sesuai dengan jenis dan umur ayam.
2. Penempatan kandang yang sesuai dan bersih.
3. Pemberian latihan yang berkala.
4. Pemberian jamu dan makanan khusus sebagai persiapan sabung ayam.
5. Dimandikan secara rutin pada jam tertentu.
6. Diberikan waktu untuk mengumbar secara bebas.
7. Dikawinkan agar meningkatkan kepercayaan diri dari ayam tersebut.

Nah, lalu kemudian seringkali dari perawatan yang dilakukan oleh para peternak yang dimaksut untuk memberikan dampak yang positif berhubung menjadi negatif seperti :
1. Pemberian pakan yang berlebihan dan tidak sesuai aturan.
2. Pemberian latihan yang terlalu memaksa hingga ayam mengalami cedera.
3. Pemberian jamu disaat yang tidak dibutuhkan.
4. Dibiarkan terlalu bebas di alam luar hingga ayam tersebut tidak terkontrol dan menjadi malas.
5. Dipertarungkan dan mengalami kekalahan terlalu sering bisa menyebabkan rontoknya mental dari ayam tersebut.

Perawatan yang anda harapkan berbuah hasil yang baik bagi ayam petarung anda agar bisa menjadi peserta yang tangguh pada pertandingan sabung ayam bisa jadi tidak tercapai apabila anda masih melakukan kesalahan yang telah disebutkan di atas. Untuk itulah anda juga perlu untuk memberlakukan beberapa batasan-batasan dalam pemberian perawatan, khususnya soal pemberian latihan bertarung. Hal seperti ini yang kerap salah dilakukan oleh beberapa pecinta ayam petarung yang tidak memahami dampak dari pemberian sesi bertarung bagi ayam kesayangannya. Meski ayam memiliki darah sebagai petarung yang handal, bukan berarti hal itu bisa memaksakan anda untuk terus mempertarungkan ayam anda. Ayam petarung sangatlah membenci kekalahan. Semakin sering ayam tersebut kalah saat bertarung, maka ayam tersebut akan semakin mengucilkan dirinya hingga tidak lagi berani melakukan pertarungan dengan ayam yang ditemuinya.

Leave a Reply