Ketahui Jenis Penyebab Ayam Petarung Bisa Terkena Infeksi

October 12th, 2017

ayam petarung

Sabung Ayam – Setiap kehidupan yang ada didunia ini pasti tidak akan pernah terlepas dari yang namanya penyakit, ya penyakit yang akan menyerang kekebalan tubuh dari ayam petarung kesayangan yang anda miliki hingga membuatnya jatuh sakit dan sangat mungkin bisa menyebabkan kematian bagi ayam tersebut. Sehingga tentunya penting pula bagi kita untuk bisa mengetahui apa saja sebenarnya sumber penyakit yang dapat menyerang ayam, khususnya yang bisa menyebabkan infeksi yang mematikan bagi ayam anda, seperti :

1. Virus-Virus
Virus merupakan salah satu penyebab utama banyaknya ayam yang mati secara tiba-tiba, dan sangat mungkin pula bisa menyebabkan ayam petarung juara sabung ayam yang anda miliki untuk kehilangan nyawanya karena terserang penyakit dari virus ini. Sehingga sangat berbahaya sekali bila salah satu ayam yang anda miliki terserang penyakit virus. Jadi langkah yang dapat anda lakukan untuk mencegah ayam anda terserang penyakit virus adalah dengan memberikan vaksinasi dan tentunya harus langsung dibinasakan ataupun dipisahkan dari ayam petarung anda lainnya agar virus tersebut tidak tersebar dan menyerang ayam petarung lainnya. Virus sangat bisa membuat karir anda sebagai seorang peternak ayam menjadi kelar.

2. Bakteri-Bakteri
Banyak jenis bakteri yang bisa menyebabkan ayam petarung anda menderita penyakit tertentu, dan adapula yang memiliki efek mematikan. Hanya saja untuk serangan bakteri masih dapat dilakukan penyembuhan, sehingga anda dapat memberikan antibiotik tertentu agar menyembuhkan ayam kesayangan anda dari sumber penyakit ini. Dengan begitu nantinya ayam anda akan dapat kembali ke dalam kondisi tubuhnya yang prima dan tetap dapat menjadi ayam petarung yang sangat tangguh ketika bertarung.

3. Parasit-Parasit
Untuk parasit biasanya dapat menyerang ayam dari kondisi lingkungannya yang kurang sehat dan kotor. Serangan parasit dapat membuat ayam menjadi kehilangan tenaga dan tentu saja penyakit ini dapat disembuhkan melalui pemberian jamu yang dapat dioleh dengan resep tradisional. Bahan yang digunakan juga tergolong mudah untuk ditemukan di pasar secara umumnya.

4. Jamur-Jamur
Jamur sebenarnya dapat dihindari oleh para peternak ayam dengan memastikan bahwa kondisi tubuh dan kandang ayam tetap bersih dan tentunya makanan yang diberikan juga harus diketahui kebersihannya. Jangan sampai ayam anda mengkonsumsi jamur yang tumbuh dari kandang ataupun pakan yang anda berikan. Dapat disembuhkan dengan antibiotik khusus secara teratur.

5. Kekurangan Asupan Gizi
Penyakit seperti ini sangat mudah untuk dihindari sebenarnya, selama peternak memiliki kesanggupan untuk memberikan jenis pakan yang sesuai dengan kebutuhan dari ayam petarungnya. Untuk membuat gizi yang dimiliki ayam anda tetap terpenuhi dan terjaga, anda dapat memberikan pakan yang bergizi tinggi seperti jagung ataupun beras merah. Selain itu penambahan vitamin ataupun mineral pada pakan ayam tentu akan memberikan asupan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh ayam anda. Selain daripada itu ada pula cara lain yang lebih hemat, yaitu membiarkan ayam anda mencari makanannya sendiri pada sebuah lahan berumput.

Leave a Reply