Ketahui Bahwa Dua Faktor Ini Dapat Menentukan Kualitas Dari Ayam Petarung

September 12th, 2017

 

Ayam yang lemah, belum tentu tidak dapat dijadikan ayam petarung yang tangguh. Karena kondisi tersebut bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Faktor tersebut juga dibagi dengan dua macam faktor. Yaitu faktor alami dan faktor perawatan. Faktor alami merupakan faktor yang bisa menyebabkan kondisi ayam menjadi fatal untuk dijadikan ayam petarung, karena kondisi tersebut merupakan kecacatan yang secara langsung mempengaruhi ayam tersebut. Contoh dari faktor alami tersebut seperti ayam memiliki kaki ataupun tulang tubuh yang sangat bengkok atau rapuh, lalu matanya buta, sayapnya yang tumbuh besar sebelah, tidak ada jari kaki, atau hal lain sebagainya yang berhubungan dengan fisik ayam tersebut. Sedangkan untuk faktor perawatan, biasanya akan mempengaruhi perkembangan dari ayam tersebut. Seperti sebagai contohnya faktor pemberian pakan, pemberian latihan, pemberian kandang, dan lain sebagainya yang tidak memberikan kecacatan pada tubuh ayam secara permanent.

Jadi, saat ayam yang anda miliki tidak memiliki kecacatan yang disebabkan oleh faktor alami, maka ayam anda masih sangat mungkin untuk dapat anda jadikan sebagai seekor ayam petarung tangguh. Untuk menjadikan seekor ayam menjadi petarung, maka tentu saja akan membutuhkan waktu dan perawatan yang lebih baik dari anda. Tentu saja hal itu nantinya akan berbuat manis saat anda melakukannya dengan serius.

Anda dapat memulainya dengan pemberian pakan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi. Dengan begitu nantinya tubuh ayam akan dapat berkembang dengan baik dan memperkuat tubuh ayam tersebut dari dalam.

Lalu kemudian anda dapat memberikan beberapa latihan fisik yang dimaksut untuk meningkatkan kemampuan fisik dari ayam anda. Tentu saja syarat utama ayam bisa menjadi seekor ayam petarung adalah memiliki tubuh yang kuat dan kokoh, yang hanya bisa diraih oleh ayam tersebut melalui berbagai latihan fisik. Berikan ayam anda berlatih lari, meloncat, berjalan dengan barbel dan juga berenang akan dapat meningkatkan kekuatan tubuh dan membentuk otot pada tubuh ayam secara signifikan.

Lalu setelah anda yakin dengan kemampuan bertarung ayam anda, maka selanjutnya dapat anda berikan latihan pra sabung ayam, yaitu dengan dipertemukan dengan ayam jantan lainnya agar ayam anda bertarung. Latihan seperti ini sangat penting sekali karena dari sini anda akan dapat melihat dan menilai secara langsung bagaimana kualitas dari ayam petarung anda. Saat anda sudah sangat yakin dengan kualitas dari ayam petarung tersebut, barulah selanjutnya dapat anda gunakan ayam tersebut untuk mengikuti pertandingan sabung ayam.

Pada pertandingan sabung ayam, tentu saja ayam-ayam petarung yang nantinya akan dihadapi oleh ayam petarung anda akan berbeda kelasnya. Bagaimana bukan, karena tentu saja ayam-ayam tersebut merupakan ayam-ayam petarung terbaik yang dimiliki oleh para pecinta ataupun peternak ayam petarung tersebut. Jadi pastikan bahwa ayam petarung anda memiliki persiapan yang memadai secara fisik dan juga mentalnya agar dapat bertarung dengan kekuatan maksimalnya dan keluar sebagai pemenang pada pertandingan sabung ayam yang sangat bergensi tersebut.

Leave a Reply