Ketahui 3 Langkah Perawatan Ayam Petarung Sebelum Diturunkan Ke Dalam Arena

November 25th, 2017

jemur ayam

Sabung Ayam – Di awal kita memelihara seekor ayam petarung, tentu yang kita harapkan adalah semoga nanti ayam petarung yang kita pelihara tersebut bisa menjadi ayam yang tangguh, kuat dan selalu juara di dalam arena sabung ayam. Akan tetapi, untuk mencapai semua tujuan yang kita harapkan tersebut tentulah membutuhkan usaha yang setimpal seperti harus merawat dan melatih ayam petarung kita dengan baik dan tepat.

Berikut di bawah ini ada 3 langkah perawatan ayam petarung yang harus Anda ketahui sebelum diturunkan ke dalam arena sabung ayam, yakni sebagai berikut:

  1. Latihan

Yang pertama adalah Anda harus memberikan latihan yang seimbang dan teratur supaya stamina dan energi ayam petarung Anda bisa tetap terjaga kondisinya. Pada saat pagi hari Anda bisa menjemur ayam petarung Anda selama 2 jam di bawah sinar matahari. Hal ini diberikan supaya nantinya ayam petarung Anda memiliki stamina yang panjang dan tidak akan mudah untuk lelah. Pada saat sore hari Anda bisa melepaskannya atau mengumbarnya supaya ayam petarung Anda bisa mengepakkan sayapnya dengan bebas dan bisa lebih santai. Akan tetapi, tetap harus Anda perhatikan dan mengawasinya supaya bisa terhindar dari perkelahian sesama ayam petarung lainnya. Latihan yang harus diberikan ini juga tidak boleh diberikan terlalu berlebihan karena ayam Anda bisa saja mengalami stres.

  1. Mandi

Pada saat Anda sedang ingin memandikan ayam petarung kesayangan Anda, maka sebaiknya Anda tidak secara sembarangan membasahi bagian – bagian tubuhnya. Hanya ada bagian tertentu saja yang bisa Anda basahi dan mandikan yaitu di bagian leher dan bagian bawah sayapnya saja.

  1. Jantur

Latihan yang satu ini biasanya sering sekali digunakan oleh para pecinta sabung ayam dalam melatih ayam petarung kesayangannya. Latihanya ini biasanya diberikan untuk melatih pergerakan kaki dan sayap pada ayam petarung saja. Selain bisa membuat pergerakan kaki dan sayap pada ayam petarung menjadi semakin kuat, ternyata latihan ini juga bisa memperpanjang staminanya juga. Anda bisa memberikan latihan jantur ini pada saat sore hari setelah Anda bisa menjemurnya di pagi hari.

Anda harus menghentikan ketiga langkah ini setelah ayam petarung Anda memasuki waktu 3 hari sebelum untuk ditarungkan, hal dilakukan supaya ayam petarung kesayangan Anda bisa menyimpan staminanya dan bisa bertarung secara maksimal pada saat ditarungkan.

Baca Ini : 5 Cara Untuk Melatih Ayam Petarung Menjadi Kuat Dan Tidak Terkalahkan

Demikian akhir dari informasi yang dapat kami berikan kepada Anda mengenai 3 langkah perawatan ayam petarung sebelum diturunkan ke dalam arena, semoga dengan informasi yang dapat kami berikan ini bisa berguna untuk Anda yang sedang mencari sebuah informasi seputar dunia sabung ayam.

Leave a Reply