Kesalahan Yang Perlu Hindari Ketika Melatih Ayam Petarung Anda

September 6th, 2017

Pasti sebagai seorang peternak ayam petarung, bisa memiliki ayam yang memiliki kualitas terbaik merupakan tujuan yang selalu diinginkan oleh setiap peternak ayam petarung yang ada, khususnya di Indonesia. Bisa memiliki ayam seperti itu tentu saja akan dilakukan dengan pemberian berbagai macam jenis perawatan dan pelatihan. Namun sayangnya meskipun begitu, tetap saja ada beberapa hal yang bisa menyebabkan anda tidak berhasil mendapatkan ayam petarung yang benar-benar berkualitas terbaik. Ada beberapa hal yang anda lakukan malahan hanya memberikan efek yang buruk bagi ayam petarung anda. Seperti apa sebenarnya hal itu ?

1. Keteledoran Saat Melatih Ayam Petarung
Teledor saat melatih ayam petarung sudah merupakan hal yang paling mudah ditemui dari para peternak ayam petarung yang ada. Kesalahan seperti ketika terlalu memaksakan ayam petarung anda untuk terus berlatih hingga melebihi kapasitas fisik dari ayam petarung anda. Hal seperti ini tentunya akan memberikan dampak efek samping cidera yang ringan hingga cidera sangat berbahaya dan bisa mematikan ayam petarung anda. Selain itu hal seperti ini akan menyebabkan penurunan pada mental yang dimiliki oleh ayam tersebut. Jadi, akan lebih baik bila anda dapat melatih ayam petarung anda dengan cara yang berkala sambilan meningkatkan kekuatan tubuh yang dimiliki oleh ayam petarung tersebut.

2. Pengaruh Penarikan Bagian Ekor Dengan Tulang
Biasanya, untuk menahan ayam petarung saat melatihnya atau membuatnya tidak langsung melakukan kontak fisik dengan lawan yang ditemuinya pada arena sabung ayam, para peternak seringkali menarik bagian ekor ayam petarungnya dengan cara yang tidak tepat. Saat menarik ekor ayam dengan terlalu kuat, maka nantinya bisa menyebabkan pergeseran pada tulang ekor hingga tubuh ayam. Hal seperti ini bisa mengakibatkan ayam mengalami cedera pada bagian punggungnya dan akan menghambat pergerakan yang dilakukan oleh ayam tersebut.

3. Takaran Konsumsi Daging Bagi Ayam
Pemberian daging kepada ayam petarung dipercaya bisa membuat ayam menjadi lebih ganas, berani dan aggresif ketika sedang bertarung. Memberikan hal seperti ini kepada ayam merupakan hal yang sering dilakukan oleh para peternak ayam petarung ketika ingin mempertarungkan ayamnya. Hanya saja, pencernaan yang dimiliki oleh ayam tidak dapat menampung terlalu banyak komponen yang terdapat pada daging. Bakteri seperti E. Colli yang biasanya bekerja pada bagian usus ayam akan mengalami gangguan disaat ayam terlalu sering mengkonsumsi daging, karena akan meningkatkan pertumbuhan bakteri tersebut. Maka efek samping yang bisa timbul dari permasalahan ini adalah ayam petarung anda akan mengalami peradangan pada saluran pencernaannya dan juga gangguan pada alat reproduksi yang dimilikinya.

4. Proses Pencabutan Bulu
Memang untuk bisa membuat ayam anda memiliki bulu yang rapi dan cantik dapat anda lakukan dengan melakukan pencabutan secara manual. Akan tetapi, sebenarnya proses pencabutan bulu pada ayam petarung sangat berdampak pada mental yang dimiliki ayam tersebut. Selain itu juga rasa sakit yang ditimbulkan dari proses pencabutan tersebut tentunya akan memberikan penderitaan bagi ayam petarung anda. Hal inilah yang sering menyebabkan ayam menjadi tidak kuat mental saat bertemu dengan lawannya di arena sabung ayam.

Leave a Reply