Kerabat Ayam Onagadori Dari Jerman

July 8th, 2017

Jenis ayam yang satu ini masih awam terdengar di tanah air kita. Ayam phoenix merupakan kerabat dekat dari ayam Onagadori. Kesamaan fisik yang terlihat dari kedua ayam ini adalah panjang ekor yang tidak lazim di miliki ayam lain. Panjang bulu ekornya bisa mencapai 12 sampai 27 cm. Panjang ekor tersebut memang diperoleh dari pemilihan gen terbaik yang akan memungkinkan bulu ekor dapat terus tumbuh panjang.

 

Untuk sabung ayam phoenix memang jumlah populasinya masih terbatas dan peternak ayam hias yang membudidayakan juga masih sedikit. Ayam phoenix adalah keturunan dari ayam onagadori yang berhasil dikembangkan oleh negara Jerman.

 

Jenis ras ayam phoenix tersebut merupakan hewan produktif dan sangat aktif bergerak. Pakan dari ayam ini lebih membutuhkan protein tinggi agar ekornya dapat bertumbuh panjang optimal. Tempat yang paling cocok untuk memelihara ayam phoenix adalah diperkebunan yang luas. Pada ekor ayam tersebut akan tumbuh dengan lebih baik apabila diletakkan di sebuah tempat yang bebas luas serta tidak tersekat apapun.

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membudidayakan Ayam Phoenix

 

Untuk dapat menumbuhkan ekor ayam phoenix dengan baik ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, berikut hal-hal penting tersebut.

 

  1. Pakan / Makanan

Untuk anakan ayam phoenix pakan pabrikan yang dapat di berikan berupa katul dan jagung halus. Dan untuk ayam phoenix yang sudah dewasa dapat diberikan jagung, ketan hitam dan beras merah. Jika anda ingin mencampurkan dengan makanan hewani dapat juga memakai kroto, jangkrik, ulat hongkong dan belalang.

 

  1. Minuman

Kebutuhan minum diberikan secara terus menerus. Minuman untuk ayam phoenix tersebut harus berupa air yang sudah di masak, dan setiap hari diganti. Disamping itu juga ditambahkan vitamin C dan vitamin B kompleks untuk menjaga kondisi ayam phoenix tetap prima.

 

  1. Kebersihan Area Kandang

Hal yang satu ini tentu saja sangatlah penting karena dari kebersihan inilah yang akan membuat ayam sehat. Kandang dibersihkan secara rutin pagi sore. Termasuk juga membersihkan tempat minum dan makan. Desai kandang ayam phoenix ini yang memiliki ekor panjang membuat kita perlu mendesaikan kandang yang cukup tinggi di lengkapi dengan tangkringan tempat untuk ayam petarung tersebut memajang ekornya.

 

Sekian artikel ini kami rangkum untuk anda , semoga dapat bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply