^ Kenali Tradisi Sabung Ayam Bali Serta Lontar Pengayam-ayaman ^

November 27th, 2017

Pengertian Dalam Tradisi Serta Lontar Pengayam-ayaman Sabung Ayam Bali

 

Tajen adalah merupakan suatu tradisi sabung ayam dimana ayam yang ditarungkan menggunakan pisau dikakinya. Sabung ayam ini umumnya ada di daerah pulau Bali. Kemudian apa hubungannya dalam kata Lontar pengayam-ayaman. Admin akan membahas apa yang dimaksud dengan lontar pengayam-ayaman. Istilah tersebut ternyata bisa diartikan merupakan suatu perhitungan hari baik serta buruknya untuk memulai sebuah tajen. Lontar pengayam-ayaman adalah merupakan suatu perhitungan hari yang baik untuk memulai sebuah pertandingan sabung ayam. Dimana pada perhitungannya dinilai dari berbagai macam aspek seperti warna bulu ayamnya yang akan ditarungkan, sudut disaat melepaskan ayamnya, hari yang terbaik untuk pertarungannya serta masih banyak aspek lainnya.

Perhitungan hari terbaik ini disebutkan bahwa ayam aduan yang telah cocok dengan perhitungan lontar pengayam-ayaman tidak akan bisa kalah dalam hari tersebut. Jadi apabila harinya telah cocok dengan perhitungan maka bisa dipastikan bahwa ayam aduan yang anda turunkan bertarung tidak akan kalah dalam pertarungannya. Jadi pada dasarnya, sebagian orang percaya bahwa setiap ayam aduan yang akan ditarungkan mempunyai hari terbaiknya sendiri.

 

 
 

Pengenalan Dalam Lontar Pengayam-ayaman Pada Tradisi Sabung Ayam Bali

 

Perawatan ayam aduan sebelum bertarung juga menjadi salah satu faktor penunjang yang lain untuk kemenangan ayam petarung anda. Lakukanlah beberapa perawatan yang spesial sebelum ayam aduan kesayangan anda turun dalam sebuah pertarungan. Perawatan spesial tersebut antara lain adalah pemberian makan, membersihkan tubuh serta kaki ayam, memberikan bedak, memandikan serta menjemurnya dan memberikan latihan stamina. Dalam pertarungan sabung ayam biasanya dipisahkan dengan warna bulu ayamnya. Istilah dalam memisahkan warna pada bulu ayam aduan sebelum bertarung tersebut biasanya disebut juga dengan panggilan :

* Warna bulu ayam aduan yang warna-warni (Buik).
* Ayam aduan yang mempunyai warna bulu abu-abu (Kelau).
* Bulu ayam yang berwarna merah (Bihing).
* Ayam aduan dengan sayap warna yang merah serta bulu dadanya putih (Wangkas).
* Ayam berwarna merah, hitam, serta putih pada bulu ayamnya (Brumbun).
* Ayam yang berwarna bulu putih (Sa).
* Bulu leher ayam aduan yang sangat tebal (Ook).
* Kepala ayam yang mempunyai bulu seperti rambut (Jambul).
* Kaki ayam aduan yang mempunyai bulu (Godek).

 

Baca Juga : Sabung Ayam Adalah Tradisi Adat Bali

 

Lontar pengayam-ayaman memang terdengar agak kuno, tetapi siapa sangka masih sangat banyak para penggemar ayam aduan yang menggunakan perhitungan tersebut. Dan perhitungan ini memang dianggap masih sangat efektif untuk mempertimbangkan sebelum melakukan sebuah pertarungan ayam jago andalanya. Kemenangan akan muda diperoleh dengan sebuah persiapan yang matang serta perhitungan yang tepat. Para penyabung ayam yang biasanya menggunakan perhitungan seperti ini mengaku bahwa lontar pengayam-ayaman masih tetap lebih efektif apabila hanya mengandalkan feeling serta kepercayaan diri saja.

Leave a Reply